Desain Minimalis Bakal Jadi Primadona

Selasa, 31 Maret 2020

SIMPLE: Hunian dengan konsep minimalis disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. (Foto: RADAR JOGJA FILE)

Minimnya ketersediaan ruang untuk membangun hunian tentu akan berpengaruh terhadap luas hunian dan desain hunian. Untuk mengatasi hal itu kini para developer mulai melirik hunian dengan model minimalis. Selain dapat mengakomodasi kebutuhan ruang di lahan yang sempit, desain minimalis juga mampu mengendalikan budget dalam membangun hunian.

Salah seorang arsitek Zadid A Muntoha menjelaskan desain minimalis ini bukan hanya terdapat pada fasad bangunan saja. Interior juga dapap diolah sedemikian rupa agar tampilan ruangan semakin ciamik. “Interior ini meliputi lantai, dinding, dan plafon. Selain itu juga termasuk furniture yang digunakan,” kata Zadid.

Perlu diingat, rumah minimalis biasanya rumah tipe 36. Dengan dua kamar tidur, satu dapur, satu kamar mandi, satu ruang tamu, dan garasi. Oleh karenanya, pemilihan furniture yang digunakan dalam rumah ini sangat berpengaruh untuk menciptakan nuansa lega kendati ruangan itu sempit.

Penggunaan furniture dengan ukuran besar hendaknya dihindari. Sebab dengan furniture berukuran besar aksesbilitas penghuni rumah akan terganggu. Selain itu, penghuni rumah juga tidak leluasa dalam menambah ataupun mengurangi perabotan yang ada. “Cari perabotan yang fungsional dan sesuaikan dengan tema ruangan,” sarannya.

Ruang tamu dan ruang makan merupakan tempat dimana berkumpulnya keluarga. Selain itu para kolega maupun karib yang berkunjung tentu disambut di ruangan ini. Oleh karenanya, penataan dua ruang ini juga cukup krusial. “Biasanya ruang tamu dan ruang makan ini bersampingan,” jelasnya.

Untuk menimbulkan kesan luas, ruang tamu dan ruang makan dipisahkan dengan partisi yang dapat dipindahkan setiap saat. Sehingga kesan cair dan tidak kaku muncul di ruangan itu. “Ditambah lagi dicat dengan warna senada, biasanya warna cerah agar menambah hangat suasana,” jelasnya.(radarjogja)

Penggunaan furniture di ruang makan juga bisa dilakukan dengan model “laci rahasia”. Maskudnya, kursi yang digunakan didesain agar dapat dimasukkan ke dalam kolong meja. Sehingga tidak memakan space terlalu banyak. “Yang jelas konsep minimalis itu perabotan fungsional dan praktis,” bebernya. (radarjogja)