PPDB SD dan SMP Negeri Kota Pekanbaru Dimulai Akhir Juni 2023

Senin, 15 Mei 2023

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal

PEKANBARU - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD dan SMP negeri tahun 2023 di Kota Pekanbaru bakal berlangsung serentak pada akhir Juni 2023 mendatang. Untuk tahun ajaran baru  dimulai pada 10 Juli 2023.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) terkait teknis pelaksanaan PPDB.  Pihaknya juga membahas kuota PPDB di SD maupun SMP negeri.

"Kita buka PPDB SD dan SMP sama, kalau dijadwal kita akhir Juni ini. Sistem PPDB masih sama seperti tahun lalu," ujar  Jamal, akhir pekan lalu.

Jamal menyebut, PPDB untuk SMP negeri bakal berlangsung secara online sehingga jumlah kuota PPDB dikoordinasikan dengan Kemendikbud Ristek. Menurutnya, kuota PPDB pada tahun ini tidak bakal berkurang malah bertambah dibanding tahun 2022 lalu.

Jamal menjelaskan,  calon peserta didik sebelum mendaftar bisa mengunduh  lebih dahulu laman PPDB di rumah. Proses verifikasinya dilakukan oleh petugas  PPDB di sekolah.

Ada alternatif sekolah terdekat dari rumah atau zonasi, sehingga bisa dipilih oleh para calon peserta didik. Para calon peserta didik bisa memilih dua dari lima sekolah pilihan yang masuk dalam zonasi. "Kita beri pilihan lima, nantinya calon peserta bisa pilih dua dari alternatif pilihan yang ada," ucapnya seperti dikutip halloriau.

Jamal menyebut bahwa PPDB SD negeri tidak berlangsung secara online. Salah satu syarat utama yakni sudah berusia tujuh tahun. Ia menjelaskan bahwa umur para calon peserta didik jadi satu penentu diterima di sekolah pilihannya.

Calon peserta didik, lanjut Jamal,  tentu bisa memilih sekolah sesuai zonasi yang ada."Kalau usia tujuh tahun sudah pasti diterima, tergantung zonasi juga," jelasnya.

Diketahui, total ada 177 SD negeri yang bisa menjadi pilihan para calon peserta didik pada PPDB tahun ini. Sementara untuk  SMP negeri ada 49 bisa menjadi pilihan Kota Pekanbaru. (*)