Jumlah Pengungsi Rohingya Kabur dari Penampungan Terus Bertambah

Senin, 15 Mei 2023

Para pengungsi Rohingya asal Aceh saat dipindahkan ke Pekanbaru. (Int)

PEKANBARU - Empat orang pengungsi Rohingya kembali kabur dari tempat penampungan. Total sudah 96 pengungsi kabur dari tempat penampungan yang disediakan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik, Rio mengatakan, bahwa empat orang pengungsi yang kabur pada hari berbeda. "Ada empat lagi yang kabur dari Kos Nevada, pada 9 Mei dua orang dan tanggal 10 dua orang," kata Rio, Senin (15/5).

Dengan tambahan empat orang itu, total pengungsi Rohingya yang kabur menjadi 96 orang. Ia memastikan empat orang yang kabur itu hingga kini belum kembali ke penampungan. Ia juga memastikan bahwa mereka sudah kabur dan tidak kembali lagi.

"Boleh dikatakan sudah kabur lah. Termasuk yang sebelumnya kabur 92 orang, itu sudah update, dan itu tidak ada lagi, memang sudah tidak balik lagi. Belum ada laporan baliknya," ucapnya.

Ia menyebut, dari total 96 pengungsi Rohingya yang kabur, satu orang di antaranya pengungsi Rohingya yang lama. Sementara sisanya pengungsi Rohingya yang baru dipindahkan dari Aceh ke Pekanbaru.

"Dari 92 orang yang kabur itu, satu orang yang lama. Satu orang itu dari Wisma Indah Sari, yang empat ini mungkin yang baru lah. Karena memang, pengungsi Rohingya sebelumnya tidak ada yang tinggal di Kos Nevada.  Berarti yang pengungsi yang baru," jelas Rio seperti dikutip metroriau.

Sebelumnya, Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru Syoffaizal yang juga selaku Ketua Satgas Pengungsian Luar Negeri (PPLN) Pekanbaru ini mengaku belum mendapat laporan terkait hal itu. Padahal, kaburnya pengungsi sudah berlangsung beberapa hari yang lalu. "Saya belum dapat laporan, coba konfirmasi ke kabid saya," kata Syoffaizal.

Terpisah, Kabid Kewaspadaan Daerah Kesbangpol Pekanbaru Inang Tati Dewi tak menampik ada puluhan pengungsi yang kabur dari tempat penampungan. "Sementara ini jumlah yang kabur ada 92 orang. Tapi nanti gak tahu, Kadang-kadang ada yang balik lagi ke penampungan. Tapi saya belum ke tempat akomodasinya lagi, belum saya cek lagi," ungkapnya.

Menurutnya, para pengungsi Rohingya tidak serta merta harus tetap berada ditempat penampungan. Mereka juga diberikan akses untuk keluar masuk ditempat penampungan. (*)