Akhirnya, Toyota Yaris Cross Meluncur di Indonesia

Senin, 15 Mei 2023

JAKARTA - Toyota Yaris Cross resmi melulncurkan di Indonesia,  Senin  (15/5). Kehadiran Sport Utility Vehicle (SUV) ini bertajuk 'World Premiere'.

Wakil Presiden Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan mobil ini melengkapi model SUV Toyota yang sudah dijual di Indonesia. Selain itu mobil ini juga menjadi pilihan baru buat masyarakat pada segmen elektrifikasi, khususnya hybrid.

"Jadi kami perkenalkan model baru ini Yaris Cross," kata Henry di Jakarta seperti dikutip dari CNNIndonesia.

Yaris Cross memiliki bentuk yang mirip SUV dua baris Toyota lainnya yaitu Corolla Cross, namun dengan ukuran lebih ringkas. Panjang mobil ini 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan jarak antar sumbu roda 2.620 mm.

Mobil yang diproduksi lokal ini menggendong mesin 2NR-VE 1.500 cc empat silinder VVT-i yang dapat melepas 78 kW dan torsi 138 Nm. Sementara mesin di versi punya kode berbeda, 2NR-VEX, kubikasinya sama 1.500 cc tetapi tenaganya lebih besar 82 kW.

Untuk menyalurkan tenaga ke roda depan, versi hybrid hanya tersedia dengan pilihan CVT, sementara model konvensional memiliki opsi transmisi lain yaitu manual lima percepatan.

Saat nanti dijual, posisi Yaris Cross akan berada di bawah SUV dua baris Toyota lainnya seperti C-HR maupun Corolla Cross, tapi di atas Raize. Model ini akan melengkapi daftar mobil hybrid di Indonesia dan sekaligus menjadi model termurah Toyota untuk segmen kendaraan ramah lingkungan.

Henry menjelaskan Yaris Cross akan dibandeol di bawah Rp 500 juta. Mobil ini akan bertarung di segmen medium SUV. "Harganya sebenarnya nanti ya detail informasi terkait penjualan. Saya kasih ya range dari Rp 300 juta plus sampai Rp 400 juta plus," kata Henry.

Sebelum kehadiran Yaris Cross, mobil hybrid paling terjangkau dari Toyota adalah Kijang Innova Zenix yang dijual mulai Rp464 juta. Salah satu tenaga penjual dealer Toyota sempat membocorkan mengenai estimasi harga jual Yaris Cross dalam dua varian, yaitu bensin dan hybrid.

Untuk versi konvensional tersedia empat varian yang dibanderol dengan estimasi Rp350 juta-Rp416 juta. Sementara hybrid memiliki dua tipe dengan estimasi harga Rp450 juta dan Rp460 juta.