KONI dan Dispora Riau Diminta Bentuk PB Porwil X Sumatera

Kamis, 11 Mei 2023

Ketua KONI Riau, Iskandar Hoesin

PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto meminta KONI dan Dispora Riau segera membentuk Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera yang akan diadakan pada bulan November 2023 mendatang.

"Saya berharap seluruh venue yang akan digunakan segera dipersiapkan menjelang pelaksanaan Porwil nanti. Dan termasuk dengan membentuk PB Cabor agar venue yang dipakai sesuai standar," ungkap Sekdaprov ketika menerima audiensi pengurus KONI Riau yang dipimpin langsung oleh Ketua KONI Riau, Iskandar Hoesin, Kamis (11/5).

Selain itu, Sekdaprov juga mengapresiasi langkah cepat KONI Riau dalam mempersiapkan event olahraga nasional Porwil X Sumatera.

"Kepada pengurus KONI Riau saya ucapkan terima kasih dan mengapresiasi karena telah bergerak cepat untuk mempersiapkan Porwil. Jangan sampai terlambat gerak kita dalam menyiapkan Porwil. Terutama terkait anggaran dimana kita di provinsi akan melakukan pergeseran anggaran," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Sekdaprov, untuk pergeseran anggaran pada bulan Mei ini memang sudah terlambat. Namun, Sekdaprov akan memadukan anggaran Porwil pada pergeseran anggaran kedua pada bulan Juli 2023 mendatang. Apalagi Riau ditunjuk langsung oleh pusat sebagai tuan rumah Porwil, sebabnya Pemprov Riau juga harus menyiapkan anggarannya.

Sementara itu, Ketua KONI Riau, Iskandar Hoesin mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan seluruh anggaran yang akan digunakan pada pelaksanaan Porwil X Sumatera. Dan rencana kerja anggarannya telah diserahkan ke Dispora pada bulan April lalu. Selain itu diperkirakan anggaran yang akan digunakan pada pelaksanaan Porwil mendatang sebesar Rp19,8 miliar.

"Kita sudah menyiapkan anggaran untuk Porwil, terutama untuk pertandingannya termasuk venue-venue yang akan digunakan," terangnya dikutip metroriau.

Untuk diketahui, KONI pusat telah menetapkan 10 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan pada Porwil X Sumatra, diantaranya yaitu Cabor Wushu, E-Sport, Bola Tangan, Barongsai, Atletik, Renang, Voli indoor, Catur, Sepakabola, Sepak Takraw, dan Wushu. (*)