PPDB Dibuka Usai Pengumuman Kelulusan SMP

Rabu, 10 Mei 2023

Plt Kadis Pendidikan Provinsi Riau, M Job Kurniawan

PEKANBARU - Menurut jadwal, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK di Riau akan dilaksanakan pada akhir Mei 2023 ini. Namun Dinas Pendidikan Riau saat ini masih menunggu pengumuman kelulusan SMP di Riau untuk membuka PPDB.

"Untuk pelaksanaan PPDB SMA/SMK di  Riau kita jadwalkan InsyaAllah akhir Mei atau paling lama awal Juni 2023 mendatang. Walau begitu, untuk kapan dibukanya, kami masih menunggu kelulusan SMP, karena SMP juga belum pengumuman kelulusan," ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Riau, M Job Kurniawan, Rabu (10/5).

Menurutnya, pelaksanaan PPDB tingkat SMA/SMK tahun ini akan diusahakan untuk dipercepat. Hal tersebut untuk mengantisipasi kendala-kendala yang mungkin terjadi saat PPDB dilaksanakan.

"Yang jelas kita telah melakukan persiapan PPDB SMA/SMK, termasuk sistem penerimaan juga sudah dibuat. Sistem ini setiap tahunnya terus disempurnakan. Karena selama ini masih ada orang yang bisa mengakali tempat tinggal, itu sudah kita antisipasi agar tidak bisa lagi orang berbuat curang, sehingga yang mendaftar memang benar-benar orang tempatan sesuai zonasi," terangnya seperti dikutip metroriau.

Selain itu, Job Kurniawan juga mengatakan bahwa pihaknya juga akan menampilkan alamat rumah calon peserta didik. Sehingga ketika ada manipulasi data akan diketahui oleh sistem.

"Nanti kalau ada manipulasi data akan diketahui sistim. Selain itu kami juga sudah mulai lakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah," tuturnya. (*).