35 Titik Panas Tersebar di Sumatera, Hotspot Terdeteksi di Rohil dan Siak

Rabu, 10 Mei 2023

Kapolda Riau, Irjen Pol M Iqbal saat memantau kebakaran lahan menggunakan helikopter. (Int)

PEKANBARU - Titik panas atau hotspot di Pulau Sumatera kembali terdeteksi puluhan titik. Hingga  Rabu (10/5/2023), tercatat sebanyak 35 titik panas yang tersebar di sejumlah wilayah, termasuk Riau.

"Total hotspot Sumatera ada 35 titik, tersebar paling banyak di Sumatera Selatan 15 titik. Lalu Sumatera Barat dua titik, Kepulauan Riau satu titik, Jambi dua titik, Bengkulu empat titik, Lampung lima titik, dan Bangka Belitung satu titik," sebut Anggun, petugas BMKG Stasiun Pekanbaru, Rabu (10/5/2023).

"Kemudian hotspot di Riau ada tiga titik. Tersebar di Kabupaten Siak satu titik dan Rohil (Rokan Hilir) dua titik," katanya seperti dikutip halloriau.

Sementara jarak pandang atau visibility di Kota Pekanbaru masih 10 Km. Kemudian Rengat 8 Km, Dumai 10 Km, Pelalawan 10 Km, dan Tambang 10 Km.

Sebelumnya, Pemprov Riau bersama pemerintah daerah kabupaten/kota mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di musim kemarau. Namun sempat terjadi Karhutla hebat di perbatasan Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai.

Pemprov Riau kemudian telah menerima bantuan helikopter patroli Karhutla dan water bombing dari BNPB. Serta dua unit helikopter water bombing lagi bantuan Australia dan Malaysia sedang diperjalanan. (*)