Kajati Riau Dr Supardi Perintahkan Usut Pemotongan Dana Stunting di Dinkes Riau

Kamis, 04 Mei 2023

Kejati Riau, Dr Supardi

PEKANBARU - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, Dr Supardi, langsung merespon kabar adanya dugaan penyimpang dana stunting di Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau. Supardi langsung memerintahkan Asisten  Intelijen Kejati Riau untuk menyelidiki kasus tersebut.

Dugaan penyimpangan dana stunting ini sebelumnya disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto dalam Rapat Evaluasi Capaian Kinerja dan Realisasi APBD Riau 2023, yang dipimpin Gubernur Syamsuar,  Selasa (2/5).

SF Hariyanto mengungkap soal dugaan kuat adanya penyimpangan dalam pendistribusian dana penanganan stunting di Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Menurutnya, dana ini sudah dimonitor aparat hukum. "Tinggal menunggu waktunya, semua akan terbongkar," ucapnya seperti dikutip metroriau.comm

SF Hariyanto mengungkap,  ada delapan kabupaten/ kota yang mendapat dana stunting. Dua di antara kabupaten melapor tidak diberikan dana tersebut.

"Dinas Kesehatan, itu saya dapat laporan juga itu. Dana stunting pun disikat. Itu data semua lengkap delapan kabupaten/ kota. Dua yang melapor tak diberikan," kata SF Hariyanto.

Atas statement itu, Supardi menyatakan sudah mendengarnya dan meminta Asisten Intelijen Kejati Riau, Marcos Marudut Mangapul Simaremare, untuk mendalami informasi tersebut, Kamis (4/5).

"Saya baru dengar itu (pemotongan dana stunting, red), nanti saya suruh dalami. Pak Asintel untuk dilakukan analisa dulu, pulbaket (pengumpulan bahan dan keterangan) dulu sejauh mana kemungkinannya," tegas Supardi. (*)