Pemko Pekanbaru Siaga Bencana Akibat Cuaca Ekstrem

Rabu, 03 Mei 2023

Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun

PEKANBARU - BPBD Kota Pekanbaru bersiaga menghadapi bencana saat cuaca ekstrem. Pasalnya, saat ini terjadi cuaca panas dengan suhu tinggi pada siang hari dan hujan pada malam hari.

Curah hujan terjadi mulai dari intensitas sedang hingga tinggi saat malam hingga dinihari. Karena itu, Pemko Pekanbaru bersiaga mengantisipasi bencana banjir bagi warga yang bermukim di dataran rendah dan bantaran sungai.

"Antisipasi kita melalui BPBD, kita siap, kita siaga," kata Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, Rabu (3/5/2023).

Menurutnya, tim dari BPBD Pekanbaru telah bersiaga selama 24 jam. Mereka siap turun untuk menanggulangi jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Sarana dan prasarana untuk evakuasi juga telah disiapkan tim yang bersiaga.

Tim juga rutin melakukan pemantauan ke sejumlah wilayah rawan bencana banjir. Mereka menyasar lokasi bantaran Sungai Sail, yakni di Kecamatan Sail dan Bukit Raya.

"Hari ini masih cuaca ekstrem, baik itu hujan, panas saat ini terik sekali, dan angin. Musim hujan hari ini, kita imbau masyarakat yang tempatnya rendah tolong lebih waspada," ungkapnya.

Ia mengingatkan masyarakat agar lebih waspada saat musim penghujan seperti saat ini. Mereka bisa melakukan upaya antisipasi dengan meletakkan barang mereka di posisi tinggi.

Kemudian, pada siang hari terjadi cuaca panas yang ekstrem. Ia meminta masyarakat untuk tidak membuka lahan.

"Kalau kita bakar (sampah) di belakang rumah, tolong perhatikan, dijaga. Jangan nanti sampai berkembang dan cuaca panas, kenak angin tambah besar malah jadi kebakaran," pungkasnya seperti dikutip halloriau.

Musim hujan dengan intensitas tinggi masih berlangsung hingga pertengahan Mei. Setelah itu, Pekanbaru mengalami hujan lokal hingga sekitar bulan Agustus. (*)