PPATK Telusuri Rekening Mantan Kabid Ops Narkoba Polda Sumut

Kamis, 27 April 2023

AKBP Achiruddin Hasibuan, mantan Kabid Ops Narkoba Polda Sumut. (Int)

Jakarta - Rekening milik AKBP Achiruddin Hasibuan dan anaknya dibekukan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Pemblokiran tersebut dilakukan karena PPATK menemukan adanya indikasi pencucian uang.

Terkait harta kekayaan dan aset milik Achiruddin yang tidak dilaporkan dalam LHKPN, Kepala Biro Humas PPATK Natsir Kongah menyampaikan hingga saat ini PPATK masih melakukan pemeriksaan dan LHKPN hanya digunakan sebagai salah satu alat bantu analisis.

"LHKPN merupakan salah satu alat bantu yang digunakan oleh PPATK dalam melakukan analisis transaksi keuangan yang mencurigakan," ungkap Natsir, Kamis (27/4/2023).

Natsir mengaku hingga saat ini PPATK masih fokus dalam menelusuri rekening milik Achiruddin beserta keluarga. Itulah sebabnya hingga saat ini PPATK masih belum menelusuri aset lain milik Achiruddin, termasuk mobil Jeep dan motor Harley Davidson.

"Kami masih menelusuri terkait rekening," kata Natsir seperi dikutip detikcom.

"Sementara masih itu ... (rekening milik Achiruddin dan keluarga)," ungkapnya lagi.

Saat ditanya apakah rekening milik keluarga Achiruddin akan ikut dibekukan atau hanya akan diperiksa saja, Natsir belum bisa memastikan karena hingga saat ini PPATK masih dalam proses penelusuran.

"Kita masih terus berproses. Biar PPATK bekerja, untuk kemudian hasilnya disampaikan kepada penyidik," jawab Nasir. (*)