Kepala BMKG Beri Apresiasi Gubernur Riau

Rabu, 26 April 2023

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati memberikan apresiasi kepada Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.(Int)



PEKANBARU - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati memberikan apresiasi kepada Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Apresiasi disampaikan Kepala BMKG, lantaran Gubri Syamsuar telah bergerak cepat dalam menangani musim kemarau kering. Di mana satu di antara langkah yang telah dilakukan Gubri, yaitu menerbitkan surat keputusan peringatan awal masuk musim kemarau.

Dwikorita menjelaskan, bahwa dirinya telah mengingatkan musim kemarau kering ini kepada setiap Kepala Daerah dari beberapa bulan yang lalu. Tetapi hingga kini, baru dua daerah saja yang baru mengeluarkan surat keputusan atau surat izin Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yaitu Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Selatan.

“Namun, saat kami pantau sampai hari ini yang berhasil melakukan baru Provinsi Riau dan Sumatera Selatan yang telah mengeluarkan surat izin atau SK untuk modifikasi cuaca tersebut,” jelasnya.

Hal tersebut disampaikan dirinya saat melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) kesiapsiagaan bencana kekeringan dan kebakaran hutan lahan secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit, Kota Pekanbaru, Rabu (26/04/2023).

Dia juga berharap, agar untuk kepala daerah lainnya supaya dapat meniru langkah dari Gubernur yang sudah membuat surat keputusan tentang Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

“Untuk provinsi yang lain kami mohon agar segera dikeluarkan di sisa-sisa tetes terakhir air hujan, semoga masih bisa dimodifikasi cuaca sebagaimana yang diharap.” harapnya. (*)