Dihadapan Prabowo, Wiranto Ungkap Kriteria Capres Ideal

Selasa, 25 April 2023

Prabowo Subianto dan Wiranto melakukan pertemuan di kediaman mantan Panglima TNI Jenderal Purn Wiranto

JAKARTA - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Wiranto telah tuntas melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di rumahnya di Jalan Bangka, Jakarta, Selasa (25/4/2023). Usai pertemuan, Wiranto mengungkapkan kriteria calon presiden (capres) ideal menurutnya.

"Tetapi tentunya dari apa yang saya ketahui, saya ikutin paling enggak empat presiden kan, paling tidak saya tahu lah prinsip-prinsip seorang calon presiden ya," ungkap Wiranto di rumahnya.

Kriteria capres ideal menurut Wiranto antara lain, memiliki pengalaman matang dan setia terhadap NKRI, UUD 1945, serta Pancasila. Selanjutnya yakni paham akan persoalan nasional maupun internasional, serta punya kemampuan dan kemauan untuk bekerja.

"Terpenting adalah bisa untuk bersedia melanjutkan kesinambungan pembangunan negeri ini. Negeri ini ibarat bangun rumah fondasinya dibangun ya enggak perlu dirubuhkan lagi, tapi tinggal perlu nambah atapnya, jadi perlu kesinambungan," tutur Wiranto seperti dikutip beritasatu.

Wiranto memuji Prabowo sebagai sosok dengan kepemimpinan yang mumpuni, mengingat sebelumnya memiliki pengalaman di militer. Ditambah lagi, Prabowo kini bergabung dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo dengan mengemban jabatan sebagai Menteri Pertahanan.

"Dengan demikian kesinambungan pembangunan beliau pasti paham betul apa yang perlu ditambahkan disempurnakan sebagainya," tutur Wiranto.

Wiranto menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat, apakah kriteria capres tersebut sudah terpenuhi pada diri Prabowo atau belum. Namun demikian, dia mengakui Prabowo memiliki kemampuan yang baik.

"Itu yang menilai masyarakat. Beliau (Prabowo) sudah mumpuni," ungkap Wiranto.

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo mengaku sebuah kehormatan bagi dirinya dapat menemui Wiranto. Dia mengungkapkan, pertemuan kali ini dalam rangka halal bihalal Hari Raya Idulfitri.

"Sudah diterima dengan baik mudah-mudahan kita selalu memelihara silaturahmi juga persatuan negeri ini bangsa dan negara," tutur Prabowo. *