Rombongan "Pulang Saduyun" Perantau Asal Koto Baru Disambut Meriah di Kampung Halaman

Ahad, 23 April 2023

Rombongan

PEKANBARU -  Rombongan perantau asal Nagari Koto Baru, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat,  akhirnya sampai dengan selamat di kampungnya halamannya. Rombongan yang tergabung dalam Ikatan Warga Koto Baru (Iwarko) Kota Pekanbaru ini, berangkat, Sabtu (22/4) siang dari Pekanbaru dan disambut meriah di kampung halamannya.

Dengan menggunakan bus, kendaraan pribadi dan sepeda motor, puluhan warga Pekanbaru asal Nagari Koto Baru, Agam yang tergabung dalam program “Pulang Saduyun” atau pulang basamo ini berangkat dari titik kumpul di depan Gedung Purna MTQ, Jalan Sudirman, Pekanbaru. 

Ketua DPC Ikatan Warga Koto Baru (Iwarko) Pekanbaru Indra Yudha Panduko Bungsu, didampingi Sekretaris Rinni Rahmadanni, Bendahara Erianti Rita dan Ketua Panitia Pulang Saduyun DPC Iwarko Pekanbaru, Fitra Asrirama menjelaskan, dalam perjalan ke kampung halaman, rombongan ini sempat berhenti di kawasan wisata Koto Panjang, Kampar untuk beristirahat. Selanjutnya, rombongan kembali berangkat sekitar pukul 23.00 WIB.
 
"Alhamdulillah, perjalanan kami lancar. Tidak ada kendala yang berarti. Seluruh peserta Pulang Saduyun selamat sampai ke tujuan," kata Indra.

Di kampung halaman, kata Indra, seluruh warga yang mengikuti program ‘Pulang Saduyun’ di Pekanbaru ini, akan  bergabung dengan para perantau dari daerah lain di Indonesia. Mereka akan menghadiri berbagai agenda, seperti Pagelaran Seni Budaya dan Musyawarah Besar (Mubes) DPP Iwarko di Koto Baru.

Terkait dengan pelaksanaan Mubes DPP Iwarko, Indra menambahkan, DPC Iwarko Kota Pekanbaru siap mendukung terselengggaranya pemilihan Ketua. 

"Kami siap mensukseskan Mubes DPP Iwarko untuk memilih ketua dan menyusun program untuk kemajuan Koto Baru," kata Indra. 

Dia berharap figur yang akan dipilih adalah orang-orang yang memiliki komitmen untuk membangun  nagari, dan mampu bekerja sama dengan semua pihak, termasuk para perantau di seluruh Indonesia.

"Kami perantau mendukung figur yang memiliki pandangan jauh ke depan. Siap merangkul semua pihak untuk kemajuan kampung kita," kata Indra menambahkan, “Pulang Saduyun” perantau asal Nagari Koto Baru, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat di Pekanbaru ini, sudah direncanakan sejak dua bulan lalu oleh DPC Iwarko Kota Pekanbaru. (Red)