Menko Polhukam Mahfud MD Sebut Budaya Hukum Indonesia Mulai Rusak

Sabtu, 15 April 2023

Menko Polhukam, Mahfud MD.

JAKARTA- Menko Polhukam Mahfud Md menghadiri acara pelantikan pengurus baru Keluarga Alumni Hukum Universitas Gadjah Mada (KAHGAMA) untuk periode 2023-2028. Dalam acara tersebut, Mahfud berharap KAHGAMA dapat memperbaiki budaya hukum Indonesia yang mulai rusak.

"Saya harapkan tadi kalo KAHGAMA itu supaya membangun budaya berhukum dengan benar. Karena budaya berhukum kita itu sudah mulai rusak di sana-sini," kata Mahfud Md dalam acara pelantikan pengurus KAHGAMA di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Jumat (14/4/2023).

Mahfud menyempatkan hadir karena merupakan bagian dari KAHGAMA. Ia juga berharap KAHGAMA dapat membangun budaya hukum di Indonesia dengan melaksanakan dan menegakkan hukum.

"Mudah-mudahan (KAHGAMA) ikut membangun budaya hukum dengan benar dalam membuat hukum, melaksanakan hukum dan menegakkan hukum," tuturnya.

Dalam acara tersebut, Paripurna P Sugarda dilantik menjadi Ketua Umum (ketum) KAHGAMA 2023-2028. Paripurna dilantik jadi ketum usai adanya musyawarah KAHGAMA pada (12/3).

Paripurna menyampaikan pelantikan dihadiri rektor hingga dekan beberapa fakultas di Universitas Gadjah Mada (UGM). Paripurna sendiri terpilih menjadi ketum menggantikan ketua sebelumnya, Otto Hasibuan.

"Beberapa teman-teman dari KAHGAMA termasuk dari UGM datang menyaksikan pelantikan, Rektor UGM dan Dekan UGM," ujar Paripurna di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Jumat (14/4).

Paripurna mengatakan, nantinya KAHGAMA akan mengambil peran untuk memberikan kontribusi bagi hukum di Indonesia. KAHGAMA akan melibatkan lintas profesi, generasi, dan gender untuk bekerja bersama.

"KAHGAMA akan mengambil peran sentral dalam mengawal dan memberikan kontribusi nyata untuk pembangunan hukum di Indonesia," tuturnya.

Sebagai informasi, dilantik pula pengurus baru KAHGAMA yaitu Mandela Sinaga sebagai Sekretaris Jenderal, Triweka Rinanti sebagai Bendahara, dilantik pula Dewan Penasehat, Dewan Pembina, dan seluruh pengurus KAHGAMA. Acara tersebut dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang juga sebagai Wakil Ketua Umum I Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (PP KAHGAMA). (*)