Prudential Bidik Nasabah KPR PermataBank

Sabtu, 15 April 2023

JAKARTA - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merilis produk asuransi jiwa kredit kumpulan PRUProteksi Griya. Di awal peluncurannya, asuransi ini tersedia bagi nasabah kredit pemilikan rumah (KPR) PT Bank Permata Tbk (PermataBank).

Chief Partnership Distribution Officer Prudential Indonesia, Ivy Widjaja mengungkapkan, salah satu fokus perusahaan di tahun ini adalah mengembangkan solusi asuransi jiwa untuk KPR melalui PRUProteksi Griya.

"Sebagai pemimpin pasar di industri asuransi jiwa, kami ingin turut mendukung keluarga Indonesia memiliki rumah, tanpa perlu khawatir akan membebankan keluarga di masa mendatang jika terjadi risiko seperti meninggal dunia," ungkap Ivy, di Jakarta, Jumat (14/4/2023).

Ivy menjelaskan, asuransi jiwa kredit tersebut ditawarkan dengan sejumlah fitur sebagai pertimbangan wajib dimiliki nasabah KPR. Fitur yang dimaksud seperti usia masuk calon peserta yang dimulai dari 20 tahun dan adanya pembebasan syarat cek kesehatan.

Asuransi jiwa untuk KPR adalah komponen yang telah disertakan oleh bank sebagai salah satu ketentuan utama permohonan KPR. Meski demikian, umumnya pemilihan asuransi menjadi keputusan mutlak pemohon.

"Asuransi jiwa menjadi penting dalam skema KPR karena dapat melindungi ahli waris perihal pelunasan KPR jika pemohon meninggal dunia," tegasnya seperti dikutip beritasatu.

Mengutip Indonesia Property Market Outlook 2023, sebanyak empat dari lima orang akan membeli rumah tahun ini, bahkan sebesar 56% mencari rumah dengan harga di atas Rp 1 miliar.

Survei lain menyebutkan, mencicil dengan KPR adalah metode yang menjadi pilihan mayoritas generasi muda, baik Gen-Z maupun para milenial.

Head of Mortgage PermataBank, Dewi Damajanti Widjaja menerangkan, seiring meredanya pandemi dan penguatan pertumbuhan ekonomi, PermataBank perlahan meningkatkan pembiayaan KPR dengan berkolaborasi erat bersama berbagai grup pengembang.

"Melalui kolaborasi dengan Prudential Indonesia sebagai partner pendukung, menjadikan PermataKPR tetap unggul dan menjadi pilihan konsumen," terangnya.

Dewi mengungkapkan, kinerja KPR PermataBank relatif tumbuh dengan baik. "Jumlah pelanggan dibukukan tumbuh sebesar 7% dan portofolio KRP meningkat sebesar 13%," pungkasnya.(*)