Kapolri Paparkan Skenario Rekayasa Lalin Arus Mudik 2023

Kamis, 06 April 2023

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa, pihaknya telah menyiapkan strategi skenario rekayasa lalu lintas (lalin) untuk mencegah terjadinya kemaceran saat arus mudik dan balik Lebaran tahun 2023.

"Berdasarkan pengalaman tentunya kita ingin mengevaluasi pada saat situasi arus volume kendaraan yang masuk ke jalur kendaraan volumenya sangat padat sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan, tentu skenario rekayasa kita persiapkan," kata Sigit usai rapat lintas sektoral di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (6/4/2023).

Menurut Sigit, skenario rekayasa lalin mulai dari ganjil-genap, Contraflow, One Way telah dipersiapkan untuk nantinya diterapkan sesuai dengan kondisi di lapangan.

"Mulai dari ganjil genap sampai dengan contraflow, sampai dengan one way. Itu semuanya kita siapkan," ujar Sigit.

Rekayasa lalin itu, kata Sigit, terutama dipersiapkan khususnya di jalan Tol mulai dari Jakarta-Cikampek hingga Kalikangkung. Termasuk di jalur arteri, jalan tol arah Jakarta dan Jawa Barat sekitarnya.

Pemerintah Tekan Insiden Kecelakaan Fatal selama Arus Mudik Lebaran 2023
"Utamanya di jalur-jalur yang untuk mudik mulai dari Cikampek sampai Kalikakung kemudian pula sebaliknya dan kemudian jalur yang ada di Jawa Barat mengarah ke Jakarta dan Jakarta mengarah Jawa Barat supaya tetap bisa jalan itu semuanya kita sudah atur," ucap Sigit seperti dilansir okezone.

Dalam menerapkan skenario rekayasa lalin itu, Sigit memaparkan bahwa, pihaknya akan melakukan sosialisasi melalui berbagai macam platform agar tersampaikan dengan baik ke masyarakat yang mudik.(*)