Kasmarni Targetkan Mal Pelayanan Publik Bengkalis Termegah di Indonesia

Selasa, 28 Maret 2023

Serah Terima Gedung MPP Bengkalis dari PUPR ke DPMPTSP Bengkalis. (Diskominfotik)

Bengkalis - Bupati Bengkalis Kasmarni menargetkan Gedung Daerah atau Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bengkalis dapat menjadi MPP termegah dan terbaik di Indonesia. Namun hal tersebut bisa terwujud melalui kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja tuntas dan berkualitas.

"Target MPP ini menjadi termegah di Indonesia tersebut tidak tercapai hanya dengan amin dan tepuk tangan saja, namun dengan kerja keras serta bangun sinergi dan kerjasama yang baik dengan setiap stake holder yang ada," ujar Kasmarni saat menghadiri penandatanganan berita acara serah terima gedung daerah dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Selasa.

Selain itu, Bupati juga berharap melalui serah terima ini, DPMPTSP dapat lebih leluasa dalam pengelolaan gedung daerah atau MPP, karena MPP ini nantinya leadernya adalah DPMPTS, sehingga dapat melakukan percepatan persiapan dan penyelenggaraan MPP ini.

"Kami berharap Dinas PUPR jangan lepas tangan begitu saja, untuk kegiatan fisik lainnya pada gedung ini tolong diperhatikan dan segera dilaksanakan, seperti pembangunan loket-loket layanan dan lainnya," kata Bupati

Selain itu, segera, lakukan langkah-langkah percepatan dalam pembentukan MPP ini seperti membangun koordinasi dan komunikasi dengan instansi pemerintah pusat, provinsi dan dengan perangkat daerah penyelenggara pelayanan publik, termasuk dengan BUMN (seperti Jasa Raharja, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, PT PLN (persero), Pos Indonesia, BUMD dan swasta.

"Termasuk penyiapan sarana prasarana, pengaturan mekanisme kerja, SDM pelayanan dan peresmian pemakaiannya sebagai pusat pelayanan terpadu yang terintegrasi pada tahun 2023 ini," harap Bupati.

MPP ini nantinya merupakan salah satu cara untuk mewujudkan birokrasi 4.0, yaitu percepatan pelayanan, akurasi pelayanan, dan fleksibilitas kerja. Dan yang tak kalah pentingnya, keberadaan MPP ini juga nantinya diharapkan mampu membentuk ASN modern yang memiliki pola pikir untuk berkinerja tinggi dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik.

"Sebagaimana salah satu misi kita yakni mewujudkan reformasi birokrasi serta penguatan nilai-nilai agama dan budaya melayu menuju tata kelola pemerintahan yang baik dan masyarakat yang berkarakter, dengan sasaran terwujudnya pemerintah yang berkarakter dan berintegritas," kata Kasmarni seperti dikutip antarariau.

Kasmarni menambahkan melalui strategi pengembangan inovasi daerah dan penggunaan teknologi informasi dalam meningkatkan pelayanan publik perlu dilakukan demi terwujudnya peningkatan kinerja pembangunan daerah, terciptanya iklim investasi yang kondusif, terlaksananya agenda reformasi dan modernisasi birokrasi, dan terwujudnya perubahan mind set aparatur dan budaya kerja yang positif. (*)