Mendag Klaim Impor Beras 500 Ribu Ton Sudah Diputuskan di Ratas

Senin, 27 Maret 2023

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

JAKARTA - Pemerintah berencana mengimpor beras sebanyak 500.000 ton dalam waktu dekat. Hal tersebut dilakukan guna pemenuhan Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Informasi itu termaktub dalam Surat Penugasan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi kepada Perum Bulog yang dirilis pada 24 Maret 2023. Adapun putusan itu merupakan hasil rapat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menanggapi hal itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyatakan kesiapannya untuk mengimpor beras sesuai yang ditugaskan.

"Kami tugasnya supporting, jadi kalau sudah rapat diputuskan dan diperintahkan ya kita kerjain. Sudah diputuskan di ratas (Rapat Terbatas)," ujarnya saat dihampiri awak Media usai konferensi pers di Kantor KemenkopUKM, Jakarta, Senin (27/3/2023).
 
Asal tahu saja, tahun lalu tepatnya Rabu (7/12/2022), Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) menerangkan bahwa dia telah menandatangani surat izin impor beras sebanyak 500 ribu ton. Dengan demikian, Bulog dapat mendatangkan beras kapan pun saat diperlukan. (*)