Ade Hartati Minta Wagubri Tegur Plt Kadisdik di Sidang Paripurna DPRD Riau

Senin, 20 Maret 2023

Rapat Paripurna di DPRD Riau

PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto, secara langsung di hadapan peserta rapat paripurna meminta Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution tegur Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, M Job Kurniawan.

Sebelumnya, anggota dewan Ade Hartati dalam sidang tersebut memaparkan permasalahan pengangkatan guru PPPK. Diketahui, pengangkatan ribuan guru itu diduga melanggar Permenpan dan Juknis Kemendikbud.

Permasalahan itu bahkan sudah sampai ke jalur hukum. Dengan pemberian somasi kepada Disdik Riau melalui kuasa hukum Forum Guru PPPK Riau.

Ade menyebut bahwa setiap kali Plt Kadisdik Riau M Job Kurniawan dipanggil untuk memberikan keterangan terkait pengaduan ribuan guru itu, beliau tak pernah hadir.

"Ada begitu banyak masalah. Ada guru yang ditempatkan jauh dari sekolah induk, mengajar tak sesuai mata pelajaran yang dikuasainya, bahkan ada yang baru beberapa bulan tapi sudah diangkat sebagai PPPK padahal ada guru yang sudah mengajar selama lima belas tahun," ujarnya seperti dikutip halloriau.

Menanggapi itu, Hardianto meminta kepala daerah dalam hal ini diwakili oleh Wagubri Edy Natar Nasution untuk bertindak tegas.

"Kami DPRD Riau meminta kepada Bapak lah, untuk berikan teguran yang keras kepada Plt Kadisdik ini karena masalah ini sudah bergulir terlalu lama tapi tak pernah hadir memberikan penjelasan," pintanya.

Usai rapat, Wagubri kemudian mengatakan pada wartawan bahwa dia akan melakukan apa yang diharapkan DPRD Riau.

"Iya nanti kita minta penjelasan lah, dan kita beri teguran," katanya singkat sambil terburu-buru menuju mobil.*