48 Wartawan Diajak Jelajahi Pulau Terumbu Mabloe dan Kebun Kelapa

Sabtu, 18 Maret 2023

Ketua PWI Riau, H Zulmansyah Sekedang dalam kunjungan ekspedisi Jurnalistik PWI Riau 2023 selama 3 hari di Kabupaten Indragiri Hili. (Ist)

PEKANBARU - Sebanyak 48 wartawan se-Riau dan 30 wartawan khusus dari Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengikuti Ekspedisi Jurnalistik PWI Riau 2023. Kegiatan ini digelar di Pantai Mabloe, Kuala Indragiri, Inhil, 17-19 Maret 2023.

Rombongan dipimpin langsung Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang. Ikut juga dalam ekspedisi Ketua Dewan Penasehat, Kazzaini KS dan Ketua Dewan Kehormatan Daerah, Helmi Burman.

Selain ke Pantai Mabloe, peserta ekspedisi jurnalistik juga akan menjelajah mangrove Pulau Terumbu Mabloe. Serta melihat industri kelapa rakyat di Kuala Enok, menyaksikan penduduk asli Suku Laut Duanu menongkah kerang. Juga berziarah ke Makam Tuan Guru Sapat yang merupakan Mufti Kerajaan Indragiri.

"Selama tiga hari di Inhil, rombongan ekspedisi jurnalistik juga akan bersilaturrahmi dan ramah-tamah dengan Bupati Inhil, Bapak HM Wardan. Bupati pada Hari Pers Nasional 2023 di Medan, mendapatkan Anugerah Kebudayaan PWI," jelas Zulmansyah.

Ketua PWI Riau dua periode itu juga menyebutkan, seluruh peserta ekspedisi diharapkan membuat karya jurnalistik dan karya foto. Untuk ikut dalam Lomba Karya Tulis Jurnalistik (LKTJ) dan Lomba Karya Foto Jurnalistiik (LKFJ) Raja Ali Kelana 2023.

"Bahkan diharapkan dari ekspedisi ke Negeri Hamparan Kelapa Dunia ini ada karya tulis atau karya foto yang dapat dilombakan untuk Anugerah Jurnalistik Adinegoro," lanjut Zulmansyah.

Program Ekspedisi Jurnalistik ini merupakan program tetap PWI Riau. Sudah pernah diselenggarakan di Pulau Rupat Bengkalis, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh di Kabupaten Inderagiri Hulu, Taman Nasional Tesso Nilo di Pelalawan, dan Danau Zamrud Kabupaten Siak. (rilis)