Polresta Inventarisir Lokasi Rawan Kejahatan Cegah Kriminalitas Selama Ramadan

Kamis, 16 Maret 2023

Kapolres Pekanbaru, Kombes Pol Pria Budi. (Int)

PEKANBARU -  Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru memprediksi angka kriminalitas di Kota Bertuah saat Ramadan 1444 Hijriah akan. Untuk itu, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan.

"Sudah dapat dipastikan kegiatan operasional masyarakat meningkat, baik ibadah dan perekonomian. Semua meningkat. Kemungkinan angka kriminalitas meningkat," ujar Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Pria Budi, Kamis (16/3).

Pria Budi menjelaskan, biasanya masyarakat tidak Salat Tarawih di masjid, tapi saat Ramadan masyarakat akan berbondong-bondong ke masjid, dan membawa kendaraan bermotor.

"Masyarakat juga pasti menggunakan kendaraannya saat berangkat ke masjid dan hal itu yang menjadikan kerawanan. Kami minta agar masyarakat untuk menggunakan kunci ganda sepeda motor," tutur Pria Budi.

Kendati begitu, Pria Budi menegaskan pihaknya sudah mengiventarisir tempat-tempat ibadah. Kepolisian juga akan membuat pos pengamanan di setiap Polsek untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Di Pekanbaru sendiri ada 600 lebih masjid yang digunakan untuk beribadah bulan Ramadan,. Kami  bentangkan spanduk di tempat ibadah untuk berhati-hati dengan pencurian sepeda motor," tutur Pria Budi.

Kepolisian juga mengawasi pasar-pasar untuk mengetahui ketersediaan bahan pokok masyarakat agar tidak ada spekulan yang memanfaatkan situasi. Di pasar, juga akan didirikan pos pengamanan. 

Pria Budi juga menegaskan akan menindak pelaku balapan liar yang mengganggu masyarakat. "Jika kedapatan melakukan balapan liar, kami akan menahan sepeda motornya sampai selesai Idulfitri," pungkas Pria Budi. (*)