Bank Mandiri Luncurkan Platform Digital Properti Bernama RIKu

Jumat, 10 September 2021

Ilustrasi pencarian properti dan pengajuan KPR((Dok. Shutterstock) )

JAKARTA, PROPERTYBISNIS - Bank Mandiri meluncurkan platform digital properti bernama Rumah Idamanku (RIKu) pada Kamis, 9 September 2021.

Aplikasi hasil kolaborasi dengan penyedia platform digital Pinhome digagas untuk memudahkan nasabah dalam mencari hunian impian serta upaya meningkatkan penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) bagi segmen milenial.

EVP Consumer Loan Bank Mandiri Ignatius Susatyo mengatakan, inovasi ini untuk merespon perubahan perilaku konsumen dan memenuhi kebutuhan transaksi nasabah yang kini mulai beralih ke layanan digital.

Menurut dia, pandemi COVID-19 membuat nasabah menjadi sulit untuk mencari properti, apalagi marketing properti mengalami keterbatasan ruang gerak karena adanya pembatasan aktivitas di berbagai wilayah.

"RIKu menjadi solusi yang tepat bagi Nasabah yang ingin mencari hunian idaman dan juga membantu broker properti dalam memasarkan listing propertinya," kata Ignatius dikutip dari laman Bank Mandiri, Kamis (09/09/2021).

Satyo menjelaskan, dengan kehadiran Aplikasi RIKu, nasabah mendapat kemudahan dalam melakukan pencarian properti dari broker-broker properti serta aset lelang dan jual cepat Bank Mandiri.

"Hingga mengajukan pembiayaan dengan berbagai penawaran menarik dari Mandiri KPR," imbuh dia.

Dengan fitur tersebut, Ignatius optimistis penyaluran Mandiri KPR dapat mengalami pertumbuhan yang diproyeksi mencapai Rp 45 triliun pada akhir 2021.

Sementara hingga Juli 2021 pembiayaan KPR Bank Mandiri sudah mencapai Rp 44 triliun.

CEO-Founder Pinhome Dayu Dara Permata menyambut baik peluncuran aplikasi RIKu sebagai inovasi untuk menyuguhkan pengalaman bertransaksi properti yang lebih mudah, cepat, dan terintegrasi dengan layanan KPR atau KPA.

"Kerjasama ini didasari oleh pengamatan adanya kebutuhan perbankan untuk memasarkan dan menyalurkan KPR dan KPA serta ketersediaan listing properti berkualitas," terangnya.

Dara menambahkan, aplikasi RIKu bisa memberikan pengalaman bertransaksi properti yang cepat, terintegrasi dengan layanan KPR atau KPA dalam sebuah platform dan mudah diakses oleh masyarakat khususnya nasabah Bank Mandiri.

Pasalnya, nasabah bank Mandiri yang bertransaksi properti lewat RIKu dapat menikmati beragam kemudahan mulai dari pencarian, mengatur jadwal kunjungan, konsultasi, hingga pengajuan KPR atau KPA.

"Selain itu, seluruh pengajuan pembiayaan kredit melalui aplikasi RIKu akan mendapatkan benefit yang kompetitif," imbuhnya.

Algoritma Pinhome akan memastikan pengalokasian leads yang adil dan merata untuk para broker properti.

Rangkaian proses ini sejalan dengan misi Pinhome untuk memberikan transaksi yang mudah, cepat, dan transparan. (kompas.com/wan)