Pencarian Properti Dikuasai Konsumen Usia 25-34 Tahun

Kamis, 02 September 2021

(Foto: kompas.com)

JAKARTA, PROPERTYBISNIS - Sejak 2016 hingga Semester I 2021, pencari properti terbanyak platform Lamudi dikuasai oleh kelompok usia 25-34 tahun.

Kelompok demografi ini mengalami kenaikan 781 persen selama periode tersebut dan menjadi 30 persen pengguna Lamudi, baik melalui gawai pintar maupun desktop.

Kemudian, disusul dengan kelompok usia 18-24 tahun sebesar 26,7 persen, serta 35-44 tahun menyumbang 20,6 persen.

VP Corporate Sales Lamudi Michael Ignetius Kauw mengatakan, kelompok usia 25-34 ini mayoritas telah mencapai stabilitas finansial dan baru membina rumah tangga.

"Pasalnya, hunian menjadi kebutuhan yang krusial bagi grup keluarga baru ini," terang Michael dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (02/09/2021).

Untuk kelompok usia 18-24 tahun, mereka dalam tahap scouting atau belum memiliki kekuatan ekonomi namun telah bercita-cita untuk memiliki rumah sendiri.

Sedangkan usia 35-44 tahun, kelompok ini sebagian besar telah berpengalaman dalam hal jual-beli properti, namun terus berusaha mencari investasi yang lebih baik lagi.

Melihat tren properti tersebut, kepemilikan rumah atau properti bentuk lain adalah pencapaian yang membanggakan bagi generasi milenial.

"Bukan hal yang mudah untuk dicapai orang-orang seumurannya dan ini menjadi bentuk
pembuktian diri atau self-actualization (aktualisasi diri),“ tambah dia.

Oleh karena itu, kata dia, Lamudi sebagai prop-tech (penyedia layanan properti) mengupayakan tranformasi dalam industri ini.

Dengan property buyers (pembeli properti) beralih ke saluran digital, maka penyedia harus mengikuti kemana konsumen membawanya.

Dalam 7 tahun berdirinya Lamudi, perusahaan mengupayakan posisinya dengan menghadirkan solusi ujung ke ujung perjalanan kepemilikan yang diawali langkah daring namun dengan rasa seperti luring.

Lamudi juga bakal menghadirkan pengalaman hybrid melalui acara tahunannya yaitu Lamudi Property Fair (LPF).

LPF ketiga ini akan diselenggarakan mulai 9 November 2021-19 Desember 2021. (kompas.com/wan)