Gaya Arsitektur Japandi Lagi Ngehits, Begini Asal Muasalnya

Rabu, 07 Juli 2021

(Foto: kompas.com)

JAKARTA, PROPERTYBISNIS - Dalam satu dekade terakhir, definisi kemewahan telah beralih dari gaya mentereng ke bahan-bahan minimalis dengan kualitas bagus.

Salah satu gaya arsitektur yang mengusung konsep minimalis adalah arsitektur Japandi. Kata Japandi merupakan gabungan dari kata Jepang dan Scandi (Skandinavia).

Munculnya gaya arsitektur ini berawal ketika para desainer dan kreatif Denmark mulai bepergian ke Jepang.

Pada saat itu, desain mereka mulai dipengaruhi oleh estetika oriental yang penuh teka-teki dan memesona seperti yang mereka lihat di negeri Sakura tersebut.

Gaya desain kolaboratif ini dapat dilihat pada beberapa kerajinan keramik, arsitektur, dan furnitur yang ada di Denmark.

Terlebih filosofi kedua gaya arsitektur, Wabi-Sabi dari Jepang dan Hygge dari Denmark menghargai kesederhanaan, minimalis, dan penggunaan material alami.

Bila Anda tertarik mendesain hunian dengan gaya arsitektur Japandi, berikut beberapa prinsip yang harus Anda ikuti.

Minimalis itu penting

Minimalis merupakan kunci gaya arsitektur Japandi. Ini berlaku untuk furnitur dan dekorasi ruangan. Pilihlah furnitur yang fungsional dan sederhana, tanpa banyak ornament tambahan.

Tetap alami

Filosofi desain Japandi berfokus pada pentingnya pemanfaatan bahan-bahan dari alam di hunian. Dalam gaya ini, kayu merupakan elemen yang dominan.

Tetapi kayu tidak hanya terbatas pada furnitur. Penggunaan kayu dalam hunian sangat bebas, karena bisa digunakan sebagai dinding maupun lantai.

Bahkan untuk elemen dekorasi taman di dalam ruangan.

Elemen dekoratif

Untuk elemen dekoratif, disarankan untuk tidak menempatkan terlalu banyak hiasan di dinding. Pilih beberapa vas atau ornamen keramik serta kerajinan tangan yang unik.

Bahan bersih dan hangat

Selain furnitur, penting untuk memperhatikan tekstur bantal, permadani, dan furnitur tambahan.

Bahan alami seperti bambu, rotan, kertas, keramik, dan kayu ringan sangat ideal untuk gaya Japandi.

Warna dekorasi alami

Untuk benar-benar mematuhi menerapkan konsep arsitektur Japandi, pilihlah warna yang ada di alam.

Misalnya warna yang lebih terang dan lebih terang (putih atau abu-abu muda), atau warna coklat dan hijau zaitun sesuai warna alam. (kompas.com/wan)