Agar Tak Salah, Begini Tips Memilih Ubin Dapur

Senin, 05 Juli 2021

JAKARTA, PROPERTYBISNIS - Dapur merupakan salah satu area paling esensial dalam sebuah hunian.

Selain menjadi tempat produksi masakan, dapur juga kerap dijadikan tempat berkumpul dengan keluarga.

Saat sedang membuat atau merombak dapur, salah satu komponen yang harus diperhatikan adalah pemilihan lantai. Cukup banyak pilihan yang tersedia di pasaran dan penggunaan ubin sangat populer.

Ubin sendiri memiliki banyak warna, model dan tekstur yang berbeda membuat orang kadang bingung menentukan pilihan.

Sama halnya dengan pilihan warna dinding, pemilihan warna lantai juga akan menentukan bagaimana visual dapur Anda pada akhirnya.

Agar bisa memilih ubin untuk dapur dengan benar, berikut panduan yang bisa Anda ikuti. 

Pilih ubin yang mudah dibersihkan

Kebanyakan orang memilih ubin dari keramik karena mudah dibersihkan. Ini adalah pertimbangan yang sangat penting yang harus diperhatikan.

Karena dapur digunakan untuk menyiapkan bahan makanan, memasak, dan menikmati makanan, maka kebersihan harus selalu menjadi perhatian utama.

Pilihlah jenis ubin yang mudah dibersihkan. Anda pasti ingin memilih sesuatu yang tidak mudah ternoda atau retak.

Ubin dari tanah liat dan batu kapur adalah pilihan yang bagus. Sementara ubin keramik memiliki lapisan atas yang mencegah rembesan noda.

Namun bahwa beberapa jenis ubin memerlukan larutan pembersih khusus saat dibersihkan. Jadi bacalah instruksi pembersihan sebelum membuat keputusan.

Cocokkan dengan kitchen set

Keberadaan kitchen set akan menentukan keseluruhan 'tampilan' ruang dapur Anda. Finishing kabinet yang Anda pilih ternyata dapat membantu menentukan pilihan ubin dapur Anda.

Pikirkan tentang warna dan kontras saat membuat keputusan. Apakah Anda ingin menggunakan warna yang senada di seluruh ruangan atau menggunakan warna yang berlawanan?

Keduanya bisa tampak indah asalkan Anda memilih kombinasi yang tepat. Bawalah sampel warna kitchen set dapur Anda ke toko saat memilih ubin agar bisa menentukan warna dan motif yang sesuai.

Pilih yang memiliki daya tahan tinggi

Renovasi dapur adalah investasi besar, jadi pilihlah ubin yang berkualitas. Meski sebagian besar ubin dapur tahan banting, tetap mereka tetap harus dirawat agar bisa berumur panjang.

Pastikan Anda membeli ubin yang memang dikhususkan untuk lantai. Jika Anda memilih ubin dinding untuk lantai, permukaan ubinnya terlalu licin untuk berjalan.

Pilih ubin yang memiliki pola atau tekstur yang sedikit terangkat agar lantai dapur menjadi lebih aman. Ubin dengan tekstur yang kasar ini terbukti lebih tahan lama.

Berbelanja ubin dapur tidak harus menjadi hambatan. Bahkan, Anda tidak perlu meninggalkan kenyamanan rumah, karena menemukan semua informasi dapat diperoleh secara online.

Bila masih ragu, minta beberapa sampel ubin dari toko dan cocokan langsung dengan dapur Anda. Pastikan ubin tersebut memberikan warna yang sama baik saat hari siang maupun malam. (kompas.com/wan)