Anies Minta Warga di Rumah: Jakarta Genting dan Darurat

Jumat, 02 Juli 2021

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (CNN Indonesia/ Khaira Ummah)

JAKARTA, PROPERTYBISNIS - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pesan kepada warganya bahwa Jakarta saat ini dalam keadaan genting. Pesan ini disampaikan usai Apel Aman Nusa II Penanganan Covid-19 di Polda Metro Jaya, Jumat (2/7).

"Pesan kepada seluruh masyarakat Jakarta, bahwa Jakarta sedang dalam keadaan genting, situasi darurat," kata Anies.

Menyikapi hal ini, Anies meminta kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah dan tidak berpergian. Kecuali, ada kebutuhan yang mendesak dan mendasar.

Anies menuturkan pihaknya telah menggelar rapat koordinasi dengan Kapolda Metro Jaya, Kajati DKI Jakarta, serta Pangdam Jaya untuk merumuskan langkah-langkah dalam menangani kedaruratan di Jakarta.

"Salah satunya yang terkait dengan masyarakat adalah akan ada pembatasan ruang mobilitas dan itu artinya jalan-jalan, mulai nanti malam akan ada penutupan," tuturnya.

Disampaikan Anies, pembatasan mobilitas ini akan dilakukan di wilayah-wilayah yang masuk dalam zona merah dan oranye.

"Di situ akan ada pembatasan mobilitas, petanya anda bisa lihat di corona.jakarta.go.id," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah telah memutuskan penerapan PPKM Darurat di 122 kabupaten/kota Jawa dan Bali mulai 3-20 Juli 2021. Sejumlah aturan terkait pembatasan masyarakat diperketat, seperti menutup tempat ibadah hingga pusat perbelanjaan. (cnnindonesia/wan)