Semarang Perluas Permakaman, Bandung Raya Siaga Satu

Kamis, 17 Juni 2021

Alat berat membuat liang lahat baru bagi jenazah korban Covid-19 di TPU Jatisari, Kota Semarang, Jawa Tengah, kemarin (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

BANDUNG, PROPERTYBISNIS – Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan, wilayah Bandung Raya kini berstatus siaga satu Covid-19. Penetapan itu sehubungan dengan adanya zona merah di dua daerah besar, yakni Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kabupaten Bandung.

Penetapan status tersebut juga dipengaruhi tingginya tingkat keterisian rumah sakit. Di wilayah Bandung Raya, tingkat keterisian RS berada di angka 84,19 persen. Melebihi ambang batas standar aman dari World Health Organization (WHO) 70 persen. ”Wilayah Bandung Raya kami nyatakan sedang siaga satu Covid-19,” kata Ridwan sebagaimana dilansir Radar Bandung. Dia menginstruksikan, pola kerja dari rumah atau work from home (WFH) kembali diberlakukan di seluruh wilayah Bandung Raya. Hanya 25 persen jumlah pekerja yang diperkenankan masuk kantor.

Di Semarang, tingginya kasus positif Covid-19 membuat kebutuhan lahan makam meningkat. Misalnya, yang terjadi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jatisari, Mijen, Semarang, yang selama ini dikhususkan untuk jenazah Covid-19. Setiap hari Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang menyiapkan 10–15 lubang untuk pasien Covid-19 yang meninggal.

Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman Disperkim Kota Semarang Murni Ediati menjelaskan, tingginya kebutuhan makam bagi pasien Covid-19 yang meninggal itu membuat dirinya bekerja sama dengan dinas pekerjaan umum (DPU) untuk menggali lubang dengan menggunakan alat berat agar pembuatan lubang lebih cepat.

”Kebutuhannya sangat tinggi. Kita siapkan 10–15 lubang. Permintaannya setiap hari mencapai 10 lubang sehingga kita gunakan alat berat untuk menggali liang kubur. Apalagi, lahan di sana banyak material batu sehingga menyulitkan jika digali dengan tenaga manusia. Posisi lahannya juga miring,” katanya saat ditemui Jawa Pos Radar Semarang kemarin siang (16/6). (jawapos.com/wan)