5 Minyak Ini Bagus Untuk Diet

Sabtu, 12 Juni 2021

.(Foto: stevepb/Pixabay)

Jakarta,propertybisnis.com-Selama menjalani diet, penggunaan minyak perlu diperhatikan. Pasalnya, minyak merupakan sumber lemak yang jika dikonsumsi berlebihan dapat menghambat penurunan berat badan.

Namun, bukan berarti minyak tak boleh dikonsumsi saat diet. Nutrisi dari minyak tetap dibutuhkan oleh tubuh. Pilihlah jenis minyak yang bagus untuk diet.

Minyak yang baik untuk diet umumnya tidak mengandung lemak jenuh yang dikaitkan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung.

Minyak untuk diet adalah minyak sehat dengan lemak tidak jenuh yang dapat membantu tubuh menyerap vitamin, melindungi organ tubuh, dan menjadi cadangan energi.

Berikut merupakan jenis minyak yang bagus untuk diet.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun salah satu jenis minyak populer yang kerap dipilih untuk diet karena memuat lemak sehat. Lemak sehat ini dapat pencegah penyakit kardiovaskular dan kanker.

Minyak zaitun extra-virgin mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel sekaligus membantu menurunkan tekanan darah.

Meski memiliki manfaat baik, penggunaan minyak zaitun tetap perlu dibatasi. Dalam 1 sdm (15ml) minyak zaitun terdapat 119 kalori dan 13,5 gram lemak tak jenuh tunggal.

2. Minyak canola

Minyak yang bagus untuk diet berikutnya berasal dari biji tanaman keluarga brokoli yaitu minyak canola dengan takaran pemakaian 1-2 sdm.

Mengutip WebMD, minyak canola kaya akan asam alfa-linolenat serta asam lemak omega-3 yang membantu mengontrol berat badan.

Minyak canola boleh digunakan untuk menumis, memanggang, dan sebagai saus salad. Hindari menggunakan minyak canola untuk menggoreng dengan teknik deep frying karena dapat memicu peningkatan lemak pada makanan.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan jenis minyak yang diekstrak dari daging kelapa tua. Minyak kelapa mengandung trigliserida rantai menengah sebagai asam laurat yang dapat menurunkan berat badan.

Dikutip dari Healthline, penelitian menunjukkan minyak kelapa bisa mengurangi peradangan, meningkatkan kolesterol HDL pelindung jantung, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Minyak kelapa aman konsumsi dengan jumlah yang dibatasi yaitu tidak lebih dari 10 ml, tiga kali sehari.

4. Minyak almond

Minyak almond mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan vitamin E yang terbukti dapat mengurangi lemak tubuh serta meningkatkan penurunan berat badan.

Dalam 1 sdm (14 gram) minyak almond terdapat 119 kalori, lemak jenuh 1,1 gram, lemak tak jenuh tunggal 9,4 gram, lemak tak jenuh ganda 2,4 gram, dan 26 persen vitamin E.

Minyak almond hanya disarankan untuk teknik masak menumis serta memanggang. Selain itu, boleh juga dicampur ke dalam salad atau pasta.

5. Minyak alpukat

Minyak alpukat tinggi asam oleat, kalium, dan vitamin B. Saat dikonsumsi dengan sayuran, minyak ini dapat meningkatkan jumlah antioksidan yang mencegah peradangan.

Minyak alpukat masuk kategori minyak yang bagus untuk diet karena diperkaya lemak tak jenuh tunggal dan berfungsi meningkatkan kesehatan jantung.

Itulah jenis minyak yang bagus untuk diet. Gunakan minyak ini dalam konsumsi harian Anda untuk membantu penurunan berat badan. Hindari mengonsumsi minyak dalam jumlah banyak karena dapat meningkatkan lemak jenuh.(*)