Cegah Karhutla, Ditjen PPI Resmikan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca di Tiga Provinsi

Kamis, 10 Juni 2021

Direktur Jenderal (Dirjen) Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Laksmi Dhewanthi meresmikan secara virtual operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di

Pekanbaru,propertybisnis
Com-Direktur Jenderal (Dirjen) Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Laksmi Dhewanthi meresmikan secara virtual operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Provinsi Riau, Jambi dan Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai upaya untuk mencegah bencana hidrometeorologi seperti banjir, kekeringan dan kabut asap yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

Peresmian ini turut diikiti oleh Asisten I Setdaprov Riau, Jenri Salmon Ginting yang didampingi oleh Kabid Kedaruratan BPBD Provinsi Riau, Jim Gafur berlangsung di Riau Command Center (RCC) Gedung Menara Lancang Kuning, Kamis (10/6/2021). 

Laksmi menyebutkan bahwa TMC menjadi salah satu solusi dalam pengendalian kebakaranhutan dan lahan di Indonesia, dimana upaya tersebut dilaksankan secara bersama-sama berkat kolaborasi yang baik antara KLHK, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), TNI-AU, BNPB, BMKG dan juga para mitra swasta. 

"Operasi TMC sudah dilaksnakan sejak beberapa tahun yang lalu, dengan cara membuat hujan buatan pada saat terjadi karhutla sehingga hujan yang turun dapat memadamkan api," ujarnya. 

DPPT bersama BNPB, TNI-AU, BMKG dan KLHK bekerjasama melakukan operasi TMC dengan mengindikasi awan-awan sehingga turun hujan di wilayah yang terjadi kebakaran atau wilayah yang diantisipasi terjadi kebakaran. 

Pihaknya memita kolaborasi tersebut tetap berjalan baik dalam melaksanakan upaya-upaya pencegahan dan pengendalian karhutla agar masyarakat Indonesia bisa menikmati langit yang cerah dan lagit yang biru tanpa kabut asap. (*)