Mantap, PUPR Bangun Rusun Untuk Mahasiswa Di Kepri Senilai Rp 17,6 Miliar

Rabu, 09 Juni 2021

Kementerian PUPR kembali membangun fasilitas Rusun untuk tempat tinggal dan belajar mahasiswa di Stisipol Raja Haji Kota Tanjung Pinang. Rusun merupakan salah satu program Kementerian PUPR yang banyak

Propertybisnis.com-Berbagai proyek sarana hunian berupa rumah susun (Rusun) terus dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) guna berbagai peruntukan seperti pekerja aparatur sipil negara (ASN), TNI-Polri, warga perkotaan, nelayan, dan sebagainya.

Kali ini Kementerian PUPR kembali membangun Rusun untuk kalangan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (Stisipol) Raja Haji di Kota Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau. Rusun berbiaya Rp17,6 miliar ini juga akan dilengkapi berbagai fasilitas sehinga bisa meningkatkan minat belajar dan kualitas pendidikan di daerah.

“Kami akan terus membangun kompleks Rusun seperti ini untuk berbagai peruntukan. Rusun bagi kalangan mahasiswa ini juga sangat penting untuk pembentukan generasi muda Indonesia sehingga mereka bisa belajar dengan lebih nyaman karena huniannya sudahh terfasilitasi,” ujar Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid.

Menurut Khalawi, seiring semakin sulit dan mahalnya lahan untuk kawasan perumahan dan perkembangan populasi penduduk yang terus bertambah, pengembangan hunian vertikal seperti ini bisa menjadi solusi hunian.

Lahan yang terbatas bisa dimaksimalkan dengan hunian yang dibangun bertingkat sehingga masih penggunaan lahan menjadi optimal dan bisa digunakan untuk kepentingan lain seperti ruang terbuka, area resapan, tempat sosialisasi, dan sebagainya.

“Di sisi lain, kualitas pendidikan juga merupakan modal utama untuk mencerdaskan bangsa dan untuk itu program pembangunan Rusun untuk kalangan mahasiswa akan terus dilakukan. Dengan hunian vertikal ini juga bisa menjadi sarana sosialisasi dan pembiasaan anak-anak muda untuk terbiasa tinggal di hunian vertikal,” imbuhnya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera III Zubaidi menambahkan, Rusun Stisipol Raja Haji ini akan dilengkapi dengan sarana maupun fasilitas pendukung lainnya supaya mahasiswa bisa belajar dan tinggal dengan nyaman di kompleks yang dibangun Kementerian PUPR ini.

“Rusun Stisipol Raja Haji di Kepri ini juga telah dilengkapi dengan furnitur dengan jumlah unit hunian sebanyak 43 unit bertipe 24 m2. Saat ini progres pengerjaan proyek ini telah dilakukan pekerjaann beton cor K3000 kolom dan shear wall, pemasangan plumbing, dan batu miring yang ditargetkan bisa selesai akhir tahun ini,” katanya.(*)