Disinggung dalam Alquran, Ini Manfaat dari Buah Tin yang Serbaguna

Sabtu, 20 Juni 2020

Pernahkah kalian makan buah tin? Atau bahkan hanya pernah mendengarnya? yang pernah kamu tahu atau tidak ini adalah salah satu buah yang sangat memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan. Selain itu, buah tin juga menjadi salah satu buah yang dipercaya sangat istimewa bahkan namanya disebutkan dalam Alquran.

Allah SWT berfirman dalam QS. At-Tin ayat 1 yang artinya:

"Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun."

Buah tin adalah buah tanpa biji yang kaya manfaat. Nah, apa saja sih manfaat dari buah tin yang sangat istimewa ini?

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa manfaat dari buah tin.

1. Menurunkan kolesterol

zlwlmle8ihmda4cszmec.jpg

Ilustrasi cek kolesterol. Foto: ShutterStock

Manfaat pertama jika kalian mengonsumsi buah tin adalah dapat menurunkan kolesterol. Tingginya kandungan serat di dalamnya juga mampu memperlancar perncernaan. Maka dari itu, kolesterol dalam tubuh dapat menyusut karena ikut terbuah dengan zat-zat ekresi.

2. Disfungsi seksual

Jika kalian merendam 2-3 buah tin dalam segelas susu selama satu malam, maka ini bisa meningkatkan gairah sesual ketika dikonsumsi

3. Menurunkan berat badan

Buah tin kaya akan nutrisi yang sangat dbutuhkan bagi siapa pun yang melakukan diet. Sebab, kandungan nutrisi ini akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kandungan 100 gram buah tin hanya terkandung sekitar 74 kalori lho. Jadi, cocok untuk konsumsi pas diet.

4. Melembabkan kulit

wls3v1yzetgz0hfpsx01.jpg

Ilustrasi kulit lembab. Foto: Shutterstock

Kandungan mineral, vitamin, dan pigmen yang ada di dalam buah tin rupanya bisa membuat melembabkan bahkan mencerahkan kulit.

5. Mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah

Buah tin juga terdapat kandungan kalium. 100 gram buah tin yang sudah dikeringkan, mengandung sekitar 162 mg kaliaum. Kandungan kalium ini juga menjadi komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang dapat membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.

6. Mengatasi diabetes

Tak hanya buahnya saja, eksrak daun buah tin bahkan dapat memproduksi insulin sekaligus menghasilkan zat antidiabetes. Zat itulah yang bermanfaat untuk menghambat perkembangan penyakit diabetes agar tidak memburuh.

7. Memperkuat tulang

Buah tin memang kaya manfaat. Kandungan kalsium yang tinggi di dalam buah tin, bisa mengurangi risiko terkena penyakit tulang atau osteoporosis. Selain itu, buah tin juga kaya akan fosfor yang mampu mendorong pembentukan tulang dan memacu regenerasi jika ada kerusakan.

Nah, itulah sederet manfaat buah tin yang disinggung dalam Alquran dan menjadi satu surat khusus yang bernama At-Tin.(kumparan)