Tak Cuma Membuat Payudara lebih Nyaman, Ini 4 Manfaat Melepas Bra

Selasa, 16 Juni 2020

(Foto: think stock)

SELAMA harus bekerja dari rumah, sebagian dari kita mungkin terbiasa untuk tidak menggunakan bra seharian. Tanpa perlu mengkhawatirkan tatapan orang lain maupun merasa tidak nyaman, selama masih berada di dalam rumah, kita bebas berpakaian seperti yang diinginkan.

Bagi sebagian perempuan, tidak mengenakan bra memang terasa lebih nyaman. Tak cuma mengurangi cucian, hal ini juga dirasa membawa beberapa manfaat lain. Misal, mengurangi rasa sakit karena tertekan bra yang berukuran tidak pas. Selain itu, seperti diberitakan beberapa sumber, tidak memakai bra juga disebut bisa memperlancar peredaran darah, membuat otot di sekitar payudara lebih kuat, sekaligus mengurangi jerawat di daerah sekitar dada. Sehingga, tidak mengherankan bila ada semakin banyak orang yang memilih tidak mengenakan bra, terutama saat berada di rumah.

Lebih lengkapnya, berikut beberapa manfaat tidak mengenakan bra, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengurangi rasa tidak nyaman

bra

Ilustrasi Bra Foto: Shutterstock

Terkadang, perempuan akan merasa tidak nyaman atau bahkan merasa sakit karena menggunakan bra dengan ukuran atau bahan yang kurang pas. Dalam laporan Bustle, dr. Anuradha Seshadri, seorang internis dari UCLA, AS, mengatakan bahwa penggunaan bra yang ketat bisa menyebabkan rasa sakit di bagian tulang rusuk, punggung, dan leher. Pada beberapa kasus, bra yang kurang pas ini bahkan bisa meninggalkan bekas pada punggung atau bahu seseorang.

Tak cuma itu, senyaman apa pun, terkadang, bra tetap akan terasa mengganggu setelah digunakan seharian. Maka, melepas bra pun dianggap bisa membantu mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman ini.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa ada pula pendapat berbeda. Dilansir Elle, Carole Remy, communication manager dari brand bra Eropa, Empreinte, mengingatkan bahwa sebagian orang, terutama yang memiliki cup D ke atas, bisa mempunyai payudara dengan berat 1 kg atau lebih. Sehingga, tekanan terhadap tubuh pun terasa lebih besar, khususnya pada bagian punggung.

"Jika Anda merasa tidak nyaman menggunakan bra, kemungkinan besar, masalahnya terletak pada bra itu sendiri. Mungkin, Anda mengenakan bra dengan ukuran yang tidak tepat atau kualitas bra itu kurang baik untuk memberikan sokongan dan kenyamanan yang Anda butuhkan," ungkapnya.

2. Membuat otot di sekitar payudara lebih kuat

Seorang profesor dari Centre Hospitalier Universitaire de Besancon, Prancis, Jean-Denis Rouillon, membuat sebuah penelitian mengenai efek bra terhadap payudara selama 15 tahun. Dari penelitiannya, dia menyimpulkan beberapa hal.

Pertama, menurutnya, bra tidak memberikan manfaat bagi payudara, baik secara medis, fisiologis, maupun anatomi. Kedua, dia juga berpendapat bahwa tidak mengenakan bra untuk waktu yang lama justru bisa memperkuat otot di sekitar payudara. Sebab, akan ada lebih banyak otot yang terbentuk untuk memberikan dukungan natural terhadap payudara.

Meski begitu, sebagian pakar, termasuk dr. Seshadri, memiliki pendapat yang berbeda. Menurutnya, ini bergantung kepada ukuran payudara seseorang. "Jika payudara Anda besar, mengenakan bra mungkin memperlambat proses pengenduran payudara," ungkap dr. Seshadri.

3. Memperlancar peredaran darah

Ilustrasi memerah ASI dengan payudara.

Ilustrasi paydara Foto: Shutterstock

Masih dalam laporan Bustle, tidak mengenakan bra disebut dapat membantu memperlancar peredaran darah di sekitar payudara. Hal ini juga dianggap dapat mendorong terbentuknya kulit yang lebih kuat dan sehat di sekitar area payudara.

Selain itu, tidak mengenakan bra juga bisa membuat seseorang merasa lebih 'lega' dalam beraktivitas. Bukan tidak mungkin, melepas bra akan membantu seseorang merasa lebih nyaman ketika tidur di malam hari.

4. Menghilangkan jerawat di daerah payudara

Terakhir, tidak menggunakan bra juga bisa membantu kita dalam mencegah dan menghilangkan jerawat di sekitar payudara. Terutama, bila jerawat ini muncul karena gesekan kain yang bercampur dengan keringat dan kotoran di sekitar payudara. Biasanya, hal ini bisa ditangani dengan pengobatan (bila diperlukan), juga dengan rutin membersihkan dan mengganti bra yang digunakan. Saat Anda sedang tidak menggunakan bra selama di rumah, hal ini diharapkan menjadi lebih mudah teratasi. (kumparan)