Pengurus Himperra Riau Adakan Kunjungan Silaturrahim ke BRI Syariah Pekanbaru

Senin, 15 Juni 2020

PEKANBARU - Pengurus Himperra Riau berkunjung ke kantor BRI Syariah, Pekanbaru,  Senin,  15 Juni 2020,  pukul 15.00.

Kunjungan silaturrahim ini dipimpin ketua DPD Himperra Riau Ir Yulekson bersama pengurus lainnya.  Diantaranya  Bendahara, Ir Arifinsyah, Wakil Ketua Bidang Perbankan Donny Satria Putra, Wakil Ketua Bidang Kemitraan  Rinni Rahmadanni, SE, Wakil Ketua Bidang Perizinan dan Pertanahan Rully Sinaga dan wakil Ketua bidang infrastruktur Nov Irwan.

Dalam Kunjungan tersebut disampaikan juga berbagai kendala yang dihadapi organisasi ini di perbankan.  Ketua DPD Himperra Riau berharap agar kedepannya BRI Syariah bersinergi dengan pengembang anggota Himperra dalam pengajuan berbagai pembiayaan baik KPR maupun KYG. 

Selain itu juga disampaikan berbagai permasalahan spesifik yang terjadi. Khususnya  terkait dengan Regulasi KPR yang ada di BRI Syariah, dan kuota  Subsidi  pasca PSBB di Pekanbaru.

Menanggapi permasalahan ini, Pimpinan Cabang BRI Syariah Alfred Dianto mengatakan bisa memahaminya. "Kami siap bersinergi dengan kawan-kawan pengembang dari Himperra, terkait pengajuan  persyaratan KPR yang mana ketentuannya masih sama," katanya.

 Cuma, menurut Alfred ada beberapa tambahan akibat dampak covid-19.  yakni : 
1. Adanya  quarantee selama 5 tahun yang diemban oleh pengembang disebabkan adanya beberapa pelanggaran yang dilakukan nasabah. Seperti  rumah yang tidak ditempati, rumah dialihkan ke yang lain, rumah disewakan, subsidi dicabut dan berbagai polemik yang dihadapi nasabah debitur. 
2. Adanya dana pengembang yang diblokir selama 6 bulan angsuran guna mengantisipasi tunggakan konsumen.
3. Adanya buy back guarantee angsuran selama 2 tahun di mana pihak BRI Syariah dan pengembang bersama-sama melakukan penagihan angsuran terhadap nasabah.

4. Pada saat ini BRI Syariah menerima berkas KPR bagi developer yang sudah PKS, dengan ketentuan calon konsumen Fixed Income.

5 Bank BRI Syariah akan membuka peluang PKS bagi developer nanti pada Juli 2020, setelah mendapat hasil evaluasi dari developer yang sudah PKS saat ini.  

Alfred menambahkan walau dalam kondisi dampak covid dan adanya quota FLPP, tapi   BRI Syariah siap memproses kembali berkas permobonan KPR yg masuk di tahun 2019.  Dan juga membuka pintu PKS ( kerjasama ) untuk para pengembang yang baru melakukan permohonan baru lepas bulan Juli ini.

"Yang penting singkron kebijakan yang ada di pusat dengan yang ada di daerah terhadap semua proses KPR," ujar Donny,  Wakil ketua bidang Perbankan, menanggapinya.

Pertemuan yang serius tapi tetap santai ini diadakan di ruangan pimpinan cabang BRI Syariah di jalan Arifin Ahmad. Seraya menyeruput  kopi panas yang disuguhkan, acara yang  berlangsung alot ini menjadi cair dengan adanya sedikit canda tawa, sebagai tanda keakraban BRI syariah dengan pengurus DPD Himperra riau. (rinni)