Penjualan Perkantoran Ciputra Group Tetap Tumbuh di Tengah Pandemi

Selasa, 09 Juni 2020

Perkantoran di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (23/3). (Foto: Dery Ridwansah/JawaPos.com)

JAKARTA – Penjualan properti komersial yang berupa perkantoran masih baik selama pandemi Covid-19. Peluang untuk meningkatkan penjualan juga masih terbuka. Karena itu, selain hunian, para pengembang gencar menawarkan perkantoran.

Senior Director Ciputra Group Sutoto Yakobus mengatakan bahwa wabah global memengaruhi sales proyek-proyek Ciputra Group. “Tapi, penjualan sebagian proyek masih bagus,” tuturnya beberapa waktu lalu.

Salah satu proyek yang permintaannya masih bagus adalah perkantoran. “Penjualan office Ciputra World Surabaya masih bagus. Kalaupun ada koreksi, tidak terlalu signifikan. Pembangunan juga terus dikebut dan diharapkan bisa serah terima tahun ini, sesuai rencana,” jelasnya.

Imbauan physical distancing, menurut Sutoto, juga berpengaruh terhadap permintaan luasan ruang perkantoran. Belakangan, semakin banyak yang membutuhkan ruang perkantoran yang agak luas.

“Pembangunannya sudah selesai, makanya demand masih bagus. Penerapan physical distancing kami yakin akan membuat demand naik. Karena ketika bekerja tidak boleh berdempetan,” ungkapnya.

General Manager Ciputra World Surabaya Office, Apartment, and SOHO Tutut Gunaedi menuturkan bahwa penjualan memang turun jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi. Namun, demand perkantoran masih mengalir.

“Masih ada penjualan meskipun agak berkurang. Bukan hanya pembeli baru, tapi juga ada pembeli lama yang menambah space. Sekarang office sudah terjual 70 persen,” ujarnya.

Sebagian besar pembeli adalah end user. Namun, ada juga pembeli yang merupakan investor. (Estu Suryowati/res/c20/hep/jawapos)