Sumsel Bersihkan 13 Ribu Masjid Sesuai Protokol Kesehatan

Ahad, 07 Juni 2020

Petugas masjid memeriksa suhu tubuh Gubernur Sumsel Herman Deru saat memasuki Masjid Agung Palembang sesuai dengan protokol kesehatan. (Foto: istimewa)

PALEMBANG - Pemprov Sumatra Selatan akan membersihkan 13 ribu masjid di provinsi itu secara bertahap seiring telah dibukanya rumah ibadah sesuai protokol kesehatan.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan pembersihan masjid tak lain untuk memastikan rumah-rumah ibadah tersebut sudah siap dan menyediakan fasilitas untuk mendukung protokol kesehatan.

“Sumsel saat ini dalam tahapan menyongsong new normal, kebersihan tempat ibadah harus dipelihara. Ada 13 ribu masjid di Sumsel, dan semuanya akan dibersihkan,” katanya, Minggu (7/6/2020).

Deru mengemukakan para petugas masjid ataupun remaja masjid harus memastikan bahwa protokol kesehatan sudah siap.

Mulai dari menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun, serta sanitizer di pintu masuk masjid, disinfektan, serta mengatur jarak antara satu jemaah dengan jemaah lain saat melaksanakan ibadah.

“Saya minta mereka ini juga yang mengawasi dalam penerapan protokol kesehatan di dalam masjid. Saya minta juga agar dalam pelaksanaan ibadah sesuai dengan anjuran dari Kemenag dan MUI,” jelasnya.

Untuk mendukung langkah tersebut, Pemprov Sumsel memberikan bantuan kepada Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia (BKPRMI) berupa 20 ribu masker, 2.000 botol disinfektan beserta alat semprot, 4.000 botol sanitizer gel, 2.000 unit thermal gun, dan satu unit mobil operasional.

Menurut Deru, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BKPRMI Sumsel untuk menggencarkan gerakan bersih masjid untuk dilaksanakan di seluruh masjid yang ada di Sumsel.

“Pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan membuka tempat ibadah meski ditengah pandemi, dan Sumsel secara bertahap semua masjid dibuka. Saya mewajibkan masjid-masjid ini semuanya menerapkan protokol kesehatan bagi jemaahnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua BKPRMI DPW Sumatra Selatan, Firdaus, mengatakan pihaknya saat ini sudah mengirimkan tim untuk mensuplai bantuan dari pusat dan dari gubernur Sumsel.

Bantuan ini akan dikirimkan ke 17 kabupaten dan kota, yang diperuntukkan untuk membersihkan masjid.

“Kita lakukan gerakan bersih masjid yang tujuannya ke 17 kabupaten dan kota di Sumsel. Harapannya agar masjid bersih dari virus yang menyebar luas saat ini,” ujarnya. (Andhika Anggoro Wening/Dinda Wulandari/Bisnis)