Usai Lockdown, Ini Suasana Sholat Shubuh Berjamaah Perdana di Masjid Nabawi

Ahad, 31 Mei 2020

SHOLAT Subuh berjamaah perdana terlaksana di Masjid Nabawi, Kota Madinah Almunawarah, Arab Saudi, Minggu (3/5/2020). Pelaksaanaan sholat tersebut mengikuti standar protokol pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19)secara ketat.

Twitter resmi Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi (Haramain) @wmngovsa melansir foto-foto yang merekam detik-detik pembukaan Masjid Nabawi setelah dua bulan vakum.

????? ?????? ?? ???? #??????_??????.

" ????? ?? ????? ??? "#????_????? #????_???? #????_????? pic.twitter.com/OMxbQRPlF7

 
— ????? ???? ?????? ?????? (@wmngovsa) May 31, 2020

Terlihat protokol kesehatan diterapkan oleh jamaah. Meski sebagian besar mereka tidak mengenakan masker, seluruhnya membawa sajadah masing-masing yang ditempatkan sesuai tanda kotak tempat sholat dan tanda silang. Ada jarak sekira satu meter antarjamaah.

Pemandangan ini direspons positif oleh beberapa netizen dengan emotikon cinta.

Otoritas setempat sebelumnya menjelaskan, pembukaan Masjid Nabawi dilakukan secara bertahap diikuti sejumlah aturan protokol kesehatan, seperti pembatasan jamaah hanya 40 persen dari kapasitas masjid. Sebelum masuk masjid, mereka wajib mencuci tangan serta menerapkan jaga jarak sosial antar jamaah saat salat.

Area lain di sekitar Nabawi, yakni Raudah masih ditutup sementara sampai pemberitahuan lebih lanjut. Pihak masjid menghentikan sementara stok air zamzam di area masjid yang biasanya ditempatkan di seluruh sudut ruangan. Jamaah pun dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam masjid.

Kegiatan ceramah atau taklim agama dan menghafal Alquran di Masjid Nabawi masih ditunda. Selain itu, masjid akan ditutup satu jam setelah sholat Isya dan baru dibuka kembali satu jam sebelum sholat Subuh.