Jaga Imunitas Tubuh dari Paparan Virus Korona dengan Asam Folat

Senin, 18 Mei 2020

Asam folat banyak terdapat di dalam sayur dan buah yang bisa memberikan stimulan pada tubuh kita sebagai imun terhadap virus. ( Diversity Home Health Group)

JAKARTA – Virus Korona bisa dilawan dengan daya tahan tubuh yang kuat. Menjaga imunitas tubuh adalah salah satu kunci agar tidak tertular virus. Salah satu cara untuk menjaga kekebalan tubuh agar tetap imun adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak kandungan nutrisi, di antaranya asam folat.

Asam folat banyak terdapat di dalam sayur dan buah yang bisa memberikan stimulan pada tubuh kita sebagai imun terhadap virus. Selain asam folat, lengkapi juga nutrisi yang mengandung vitamin C.

“Kandungan asam folat dan Hydromamma menjadi sumber-sumber nutrisi. Dan vitamin tersebut sebaiknya diproses secara alami sehingga aman untuk dikonsumsi,” kata praktisi kesehatan Dr Boy Abidin Sp.OG kepada JawaPos.com, Senin (18/5).

Asam folat juga penting dikonsumsi selama Ramadan. Bisa juga rutin meminum minuman yang mengandung asam folat setiap hari.

“Dengan minum minuman yang mengandung asam folat tinggi dan vitamin C akan dapat manfaatnya sekaligus dapat pula nikmatnya,” jelas Dr. Boy Abidin Sp.OG.

Dalam laman How Stuff Works disebutkan asam folat yang juga dikenal sebagai B9, membantu mengirim sinyal ke sel-sel yang sangat penting untuk respon imun. Asam folat juga membantu memperbaiki DNA.

Sumber terbaik asam folat di antaranya tomat, lentil, dan kacang-kacangan lainnya, seperti asparagus. Lalu sayuran berdaun hijau seperti brokoli, kecambah dan bit serta berbagai protein seperti daging sapi dan hati ayam. (Edy Pramana/Marieska Harya Virdhani/jawapos)