Jokowi Minta Pembagian Bansos Dipercepat, Selesai Sebelum Idul Fitri

Senin, 18 Mei 2020

Pekerja mengemas paket bantuan sosial (bansos) Presiden RI di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta. (Foto: SALMAN TOYIBI/JAWA POS)

JAKARTA – Pemerintah terus menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa sembako terhadap masyarakat terkena dampak virus Korona atau Covid-19 di Jabodetabek.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dirinya sudah mendapatkan informasi dari Menteri Desa‎ Pembangunan dan Transmihrasi (Mendes PDTT) Abdul Hakim Iskandar, dan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara bahwa bansos bisa selesai sebelum Idul Fitri.

“Saya juga mendapatkan info dari Mendes dan Mensos di Minggu ini akan selesai semuanya,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (18/5).

Menurut Jokowi, bansos sembako dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa bisa dipercepat proses pendistribusiannya. Sampai saat ini bansos tunai sudah 25 persen tersalurkan. Kemudian BLT desa baru 15 persen.

‎”Saya minta sekali lagi prosesnya dipercepat, prosesnya disederharanakan,” katanya.

Oleh sebab itu jika masih ada data masyarakat yang belum singkron. Maka perlu dilakukan perbaikan. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan paket sembako yang diberikan oleh pemerintah.

‎”Jadi segera diselesaikan, beri fleksibilitas kepada pemeirntah daerah, terutama pemerintah desa untuk mengambil kebijakan operasionalnya di lapangan sehingga memudahkan tapi tentu akuntabilitas tetap harus dijaga,” paparnya.

Sebelumnya, Jokowi jugamelakukan pemantauan terhadap penyaluran bantuan sosial (bansos) berupa sembako di Johar Baru, Jakarta Pusat.

Dalam pemantauan penyaluran bantuan ini Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, dan Menteri Sosial Juliari Batubara.

“Pagi hari ini saya ingin memastikan penyaluran sembako ke masyarakat khususnya di Jabodetabek dan tadi saya melihat masyarakat sudah menerima bantuan yang pertama sudah diterima,” ujar Jokowi di lokasi, Senin (18/5).

Jokowi mengatakan, bansos berupa sembako tahap kedua telah selesai disitribusikan kepada masyarakat yang membutuhkannya di Jabodetabek.

“Bantuan yang kedua sudah diterima dan kemarin serta hari ini sudah diterima bantuan yang ketiga. Sudah yang ketiga. Kita harapkan nanti utk selanjutnya akan menjadi lebih cepat dan lebih lancar lagi,” ungkapnya.

Beberapa hari ‎sebelumnya, Presiden Jokowi meninjau penyerahan bantuan sosial (bansos) terhadap ‎masyarakat di Jalan IR Juanda di Bogor.

Jokowi mengakui memang masih ada permasalahan mengenai data masyarakat-masyarakat yang berhak menerima bansos tersebut.

“Memang ada satu, dua, tiga masalah yang berkaitan dengan data. Itu masih belum bisa diperbaiki,” ujar Jokowi di Jalan IR Juanda, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5).

Namun demikian, Jokowi berjanji akan memperbaiki data masyarakat yang menerima bansos tersebut. Sehingga nantinya masyarakat bisa menerima bansos dari pemerintah tersebut.

“Tetapi nanti pada tahap kedua di bulan depan meninjau penyaluran bantuan langsung tunai,” katanya.

Jokowi juga meminta masyarakat yang belum dapat bansos dari pemerintah untuk bisa melaporkan kepada RT dan RW. Nantinya data tersebut diberikan ke pemerintah pusat. Sehingga bisa menyalurkan bantuan terhadap masyarakat yang belum mendapatkannya.(Dimas Ryandi/Gunawan Wibisono/jawapos)