Kritik Kartu Prakerja dengan Prakerja.org, Ini Reaksi Pemerintah

Ahad, 17 Mei 2020

(Foto: okezone)

JAKARTA - Pemerintah melalui Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky angkat bicara soal kemunculan situs prakerja.org.

Situs prakerja.org merupakan bentuk kritikan terhadap Program Kartu Prakerja yang diluncurkan pemerintah sebagai program semi bansos dampak pandemi virus corona atau Covid-19.

 

"Kami menyambut siapapun yang memiliki keahlian dan punya kualifikasi untuk partisipasi menyediakan modul pelatihan di ekosistem Kartu Prakerja," kata Panji kepada Okezone, Jakarta, Minggu (17/5/2020).

Namun, kata Panji modul pelatihan tentu harus memiliki akuntabilitas serta memenuhi syarat dan kewajibannya.

"Pemerintah memberikan bantuan langsung ke para peserta," ujarnya.

Prakerja 

Saat ini kata Panji, peserta yang memilih pelatihan yang dibutuhkan. Semakin banyak jenis pelatihan, semakin bagus. "Sekarang sudah tersedia sekitar 3.000 jenis pelatihan dari ratusan penyedia pelatihan," katanya

Ke depannya setelah PSBB dicabut, lanjut Panji pelatihan di kelas dan tatap muka pun akan tersedia. "Jika ada masyarakat mau mendonasikan modul pelatihan pun bisa. Tetapkan harga Rp1, hubungi para digital platform untuk daftar," katanya.(Taufik Fajar/okezone)