Yurianto: Tidak Bisa Adaptasi, Tidak Akan Selamat

Sabtu, 16 Mei 2020

Ilustrasi sampel darah penderita Korona. (Foto: AFP)

JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto menekankan agar masyarakat membiasakan diri dengan pola hidup yang baru di tengah pandemi virus Korona. Masyarakat harus tetap mengedepankan anjuran protokol kesehatan yang telah ‎dikeluarkan oleh pemerintah di tengah produktivitas sehari-hari.

“Kita mulai berubah dengan cara berpikir yang baru, dengan bersikap yang baru. Kita harus produktif dari Covid-19 dan aman dari Covid-19,” ujar Yuri, Sabtu (16/5).

Yuri mengatakan, cara hidup yang baru adalah membiasakan diri untuk memakai masker, rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan tidak keluar dari rumah.

Jika kebiasaan ini tidak bisa diterapkan, Yuri pun meyakini bahwa jumlah kasus penularan akan semakin banyak setiap harinya. Mata rantai penyebaran Korona pun tidak akan putus tanpa adanya kesadaran beradaptasi.

“Kalau kita tidak bisa beradaptasi dengan sistem seperti ini, sementara kita yakin virus masih belum bisa dihilangkan dari muka bumi, maka kita tidak akan selamat. Kita tidak akan bisa bertahan dengan kondisi ini. Hanya satu yang bisa kita lakukan adalah beradaptasi dengan pola hidup yang baru,” tambahnya.(Banu Adikara/Gunawan Wibisono/jawapos)