Pekerja dengan Keahlian Ini Akan Banyak Dicari Pengusaha Usai Covid-19

Ahad, 03 Mei 2020

Ilustrasi pekerja tengah melakukan aktivitas dengan memanfaatkan teknologi terkini (Dok.JawaPos.com)

JAKARTA – Pandemi Covid-19 membuat banyak perusahaaan memutuskan untuk merumahkan hingga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) para pegawainya. Sebab, operasional yang tidak berjalan dengan semestinya membuat banyak pihak kewalahan mengurus pembayaran kewajiban perusahaan.

Dengan banyaknya perusahaan yang kehilangan karyawannya, tentunya nanti akan ada perubahan dari kebutuhan pelaku usaha terhadap skill para calon pekerja yang akan dipekerjakan.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani menuturkan, kemungkinan besar para pelaku usaha akan mencari pegawai yang memiliki keahlian di bidang teknologi.

“Kalo saya bilang, yang pasti perusahaan akan lebih banyak ke teknologi ya nantinya,” jelasnya kepada JawaPos.com, Minggu (3/5).

Bahkan, untuk perusahaan padat karya pun di katakan juga akan mengadopsi teknologi demi meningkatan kinerja perusahaan. Menurutnya, di masa seperti sekarang ini, perusahaan tidak bisa hanya bergantung kepada tenaga manusia saja.

“Jadi mungkin perusahaan yang padat karya pun akan lebih memanfaatkan lagi teknologi karena kita tidak bisa bergantung hanya kepada manusia ya, jadi musti ada aspek teknologinya, jadi segala jenis pekerjaan pasti akan ada teknolognya,” tuturnya.

Maka dari itu, ia meminta kepada pemerintah, melalui program Kartu Prakerja untuk lebih dimasifkan lagi kelas terkait teknologi. Dengan begitu, masyarakat juga akan semakin mengetahui dalam mengaplikasikan sebuah sistem yang canggih.

“Kita kan ada transisi teknologi, dari yang tadinya nggak mengerti IT bisa belajar karena nantinya setelah pandemi ini kan banyak yang berubah jenis pekerjaannya, jadi banyak yang berbasis teknologi, jadi mungkin manfaatnya lebih banyak yg berbasis teknologi seperti apa pelatihan yg dibutuhkan mereka,” tutup dia.(Mohamad Nur Asikin/Saifan Zaking/jawapos)