Salah Kaprah, Arti Huruf E di Indikator BBM Ternyata Bukan Empty

Ahad, 03 Mei 2020

Kebanyakan orang mengartikan huruf E pada indikator bensin dengan arti kosong atau Empty‘. (Ilustrasi/jawapos)

SELAMA ini tak sedikit yang salah mengartikan huruf ‘E’ pada indikator bahan bakar yang biasanya ada pada spedometer.  Bahkan selama berpuluh-puluh tahun kita meyakininya, namun ternyata artinya berbeda.

Banyak yang menyangka kalau selama ini  mengira maksud di balik huruf ‘E’ tersebut mengacu pada kata empty. Biasanya bila jarum indikator mengarah ke huruf E  langsung mengasosiasikan huruf tersebut dengan harus langsung melakukan pengisian ke Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU). Memang ini tidak ada salahnya.

Seperti diketahui pada speedometer kendaraan mobil maupun motor di bagian panel bensin yang terdapat huruf E dan F.  Diantara kedua huruf tersebut terdapat titik-titik , itu adalah kondisi ketersediaan bahan bakar yang ada dalam tangki.

Seperti dikatakan di atas kebanyakan orang mengartikan huruf E pada indikator bensin dengan arti kosong atau Empty‘. Namun sebenarnya arti dari huruf E ini sendiri bukanlah Empty.  Arti sebenarnya dari huruf E ini merupakan symbol dari ‘Emergency’ yang artinya darurat.

Perlu diketahui bahwa pada saat jarum indikator bensin berada di huruf E, bensin di tangki belum benar-benar habis. Hal ini merupakan tanda peringatan bagi pengendara untuk segera melakukan pengisian BBM.

Saat jarum indikator berada di huruf E, maka tandanya BBM yang tersisa di tangki masih ada 10% sampai 15% dari kapasitas maksimum tangki. Sementara huruf F pada indikator bensin ini sendiri memiliki arti Full atau penuh. Pastinya hal ini banyak yang mengetahuinya.

Pertanyaannya, siapa yang pertama kali memiliki ide dalam membuat indikator ini? Memang hal ini sangatlah penting dan sangat dibutuhkan oleh para pengendara. Penemu indikator bensin ini ialah Jim Moylan pada 1986 namun baru diaplikasikan di mobil pertama kali di tahun 1989.

Dengan adanya penemuan ini, pengendara mampu mengetahui kapan harus mengisi kembali BBM secara tepat waktu.  Nah, sekarang Anda tahu arti yang sebenarnya huruf E pada indikator  BBM, semoga bermanfaat.(Eko Putra/jawapos)