Tahun Ini Riau Sudah Punya Embarkasi Haji Sendiri

Selasa, 28 April 2020

(Foto: okezone)

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah memiliki embarkasi haji sendiri. Hal tersebut setelah Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Nomor 393 tahun 2020 menetapkan bahwa Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) Pekanbaru II menjadi pemberangkatan jamaah haji.

Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Riau, Ahmad Syah Harrofie mengatakan tahun 1441 hijriah atau tahun 2020 masehi pemprov mimiliki bertanggung jawab terhadap pelayanan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Riau.

Untuk pemberangkatan jemaah haji asal Riau, embarkasi melalui daerah tetangga yakni Bandara Hang Nadim Batam,Provinsi Kepulauan Riau. Dia menjeskan selain Riau sejumlah wilayah lain kini juga sudah memiliki embarkasi yakni Lampung, Gorontalo, Bengkulu, Jambi dan Kepulauan Bangka Belitung.

Ahmad menegaskan, hal ini untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan kemudahan layanan transportasi udara bagi jamaah haji Provinsi Riau saat penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

"Ini juga merujuk peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Perhubungan RI nomor 4 tahun 2012 atay nomor PM 30 Tahun 2012 tentang persyaratan dan tata cara penetapan embarkasi dan debarkasi haji serta aturan lainnya," tukasnya.

Sementara, untuk tahun ini memang belum ada kejelasan dari Pemerintah Pusat terkait keberangkatan calon jamaah haji tahun ini. Ini mengingat masih ada pandemi corona.(Banda Haruddin Tanjung/okezone)

0