Ketika Para Ayah Harus Menjadi Imam Sholat Tarawih

Ahad, 26 April 2020

Sholat Tarawih di Rumah (Foto: Shutterstock)

KEGIATAN ibadah Ramadhan di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) menjadi sangat istimewa, lantaran sholat Tarawih diatur agar tidak berjamaah di masjid atau mushola.

Peran para muslim laki-laki menjadi tumpuan terlaksananya ibadah di tengah keluarga. Pengalaman mengimami sholat Tarawih di rumah menjadi sesuatu yang unik di setiap keluarga.

"Sedih nggak bisa sholat Tarawih di masjid, tapi seru bisa sholat di rumah bareng istri dan anak-anak," ujarnya saat dihubungi oleh Okezone, Sabtu (26/4/2020).

 

Sholat tarawih di rumah

Meski ayah tiga anak ini memilih sholat Tarawih 8 rakaat dengan 3 rakaat witir, buah hatinya mengerjakan dua rakaat pertama saja. Namun, Juniarto tetap berusaha mengenalkan ibadah Ramadhan yang dapat dikerjakan anak-anaknya dengan ikhlas dan senang hati.

"Tidak apa-apa anak-anak ikut sebentar yang penting mereka sudah merasakan nikmatnya beribadah Ramadhan," ujar Juniarto.

Supaya anaknya mau mengikuti sholat Tarawih, ia terlebih dahulu membaca bacaan Surat Alquran yang pendek, seperti At Takatsur, Al Ashr, Al Humazah, dan Al Fiil sebagai surat favoritnya.

Farzana Kinanti Hascifani (6 tahun) yang diimami sholat Tarawih oleh ayahnya pun merasa senang. Ia jadi bersemangat menekuni ibadah-ibadah yang dilakoni hanya saat bulan Ramadhan saja kala sang ayah bekerja dan beribadah di rumah saja.

Hal yang sama dialami Angga Ulung Tranggana (32 tahun). Pilihan untuk sholat Tarawih di rumah awalnya sempat menjadi dilema karena kediamannya berhadapan langsung dengan masjid perumahan. "Cari aman demi kesehatan sekaligus menerapkan akidah tentang sholat Tarawih yang dianut sejak kecil," urai Ulung. Selain menghindari penyebaran virus Corona dengan menjauhi keramaian, ternyata Ulung punya kebiasaan sholat Tarawih 23 rakaat. Sementara masjid di perumahannya melaksanakan 11 rakaat sholat Tarawih.

Hikmah sholat Tarawih di rumah, menurut pria berprofesi jurnalis ini, menjadi kian dekat dengan keluarga. Istri dan anak semata wayangnya menjadi terbiasa sholat berjamaah. Ia pun membaca 10 surat pendek secara berurutan, mulai dari At Takatsur, Al Ashr, Al Humazah, Al Fiil, Quraisy, Al Maun, Al Kautsar, Al Kafirun, An-Nashr, dan Al Lahab.(Mohammad Saifulloh/okezone)