Ini Penyebab Angka Positif Corona di Sumbar Terus Meningkat

Ahad, 26 April 2020

(Foto: istimewa)

PADANG - Hari ini jumlah warga Sumatera Barat (Sumbar) yang terinfeksi virus corona atau Covid-19 ini sudah diangka 102 orang. Bahkan, sampai hari ini ada penambahan warga Sumbar yang positif terinfeksi Covid-19, tiap hari angka tersebut terus meningkat.

Jubir Gugus Tugas Covid-19, Jasman Rizal menjelaskan, kecenderungan saat ini di Sumbar, penyebab terinfeksinya bukan lagi hanya secara imported case atau kasus menimpa seseorang yang baru kembali dari luar negeri atau daerah yang ada wabah.

“Namun, saat ini menular secara local transmission atau penularan Covid-19 yang terjadi secara lokal, atau di lokasi tempat pasien positif Covid-19 berada saat ini kemudian terjadi kontak dan berinteraksi dengan dengan orang yang terinfeksi sebelumnya,” terangnya, Minggu (26/4/2020)

ilustrasi corona foto: Okezone 

 

Tambah Jasman, kenapa terus terjadi kontak dan interaksi dengan pasien yang positif penyebabnya antara lain karena tidak menjaga physical distancing, tidak memakai masker, jarang cuci tangan dan masih belum disiplin untuk selalu berada di rumah saja serta banyaknya melanggar protokol kesehatan lainnya yang dianjurkan pemerintah.

“Rata-rata semua warga yang baru dinyatakan positif beberapa hari ini, hampir semuanya karena local transmission. Dari lima orang yang dinyatakan positif terinfeksi hari ini, semuanya terinfeksi karena kontak dengan orang yang sebelumnya juga telah juga positif,” ucapnya.

Seperti yang dialami lima pasien yang bertambah hari ini, wanita (54), alamat Jati Kota Padang, wiraswasta, dia terpapar covid-19 dari anaknya yang baru pulang dari Jogjakarta. “Anaknya tidak menunjukkan gejala atau disebut sebagai carrier atau Orang Tanpa Gejala (OTG), sekarang ibunya dirawat di RS Universitas Andalas Padang,” katanya.

Wanita (43) warga Alai Parak Kopi, Ibu Rumah Tangga, terpapar karena sering ke lokasi yang potensial berkembangnya penularan Covid-19. Sekarang di rawat di RSUD Rasyidin Kota Padang.

Lalu, pria (69 ) Lubuak Bagaluang Kota Padang, terinfeksi karena kontak dengan beberapa orang yang telah dinyatakan positif sebelumnya. Pria (26) warga di Tarusan Pesisir Selatan, dia mahasiswa. Terinfeksi karena kontak dengan salah satu pasien positif sebelumnya.

Kemudian, anak perempuan umur 6 tahun, warga Tarusan Pesisir Selatan. Terinfeksi karena kontak dengan pasien positif sebelumnya.

Sesuai data dari Gugus Tugas Covid-19 total yang positif terinfeksi Covid-19 di Sumbar sampai hari ini adalah 102 orang. Dari 102 orang tersebut, 20 orang sembuh, 11 orang meninggal dunia, 29 orang dirawat di berbagai rumah sakit dan 23 orang isolasi mandiri di rumah dan 19 orang lagi isolasi di berbagai pusat karantina.(Rus Akbar/okezone)