WHO ingatkan tidak ada bukti ilmiah pasien yang sembuh dari corona dijamin imun

Ahad, 26 April 2020

WHO mengingatkan tidak ada bukti ilmiah bahwa orang yang telah pulih dari infeksi virus corona, mengembangkan kekebalan terhadap infeksi di masa depan.(Foto: reuters)

JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan, tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa orang yang telah pulih dari infeksi virus corona, mengembangkan kekebalan terhadap infeksi potensial di masa depan.

WHO memberikan peringatan itu ketika sejumlah negara mempertimbangkan untuk mengeluarkan apa yang disebut dengan "paspor imunitas" kepada orang-orang yang telah pulih dari Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh coronavirus.

WHO menyatakan langkah seperti itu sebenarnya dapat meningkatkan penularan virus corona baru karena orang yang telah pulih dapat mengabaikan saran tentang mengambil tindakan pencegahan standar terhadap virus.

"Beberapa pemerintah telah menyarankan bahwa deteksi antibodi terhadap SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, dapat berfungsi sebagai dasar untuk 'paspor kekebalan' atau 'sertifikat bebas risiko' yang akan memungkinkan individu untuk bepergian atau kembali bekerja dengan anggapan bahwa mereka terlindungi dari infeksi ulang, "kata WHO.

"Saat ini tidak ada bukti bahwa orang yang telah pulih dari Covid-19 dan memiliki antibodi dilindungi dari infeksi kedua," tandas WHO dalam sebuah pernyataan yang dikutip Al Jazeera.

WHO mengeluarkan peringatan itu saat pandemi corona mencapai tonggak sejarah baru karena jumlah korban tewas mencapai lebih dari 200.000 di seluruh dunia.

Amerika Serikat (AS) mencatat jumlah kematian tertinggi karena corona, dengan jumlah mencapai 50.000 orang tewas. Sementara Italia, Spanyol, Prancis dan Inggris semuanya melaporkan jumlah korban jiwa lebih dari 20.000 orang.

Sejumlah pemerintah telah mengusulkan pengembalian secara bertahap untuk melonggarkan pembatasan, karena pembatasan yang diberlakukan pada gerakan untuk mengekang penyebaran virus telah melumpuhkan ekonomi di seluruh dunia.

Pekan lalu, Chile mengumumkan rencana untuk memberikan "paspor kesehatan" kepada pasien yang telah pulih dari Covid-19. Setelah memeriksa keberadaan antibodi, mereka akan diizinkan untuk kembali bekerja.

"Kami memahami maksud mencoba untuk melihat siapa yang dapat kembali bekerja dengan aman atau yang pada akhirnya dapat bebas dari risiko menularkan orang lain," kata juru bicara WHO Tarik Jaserevic kepada Al Jazeera.

"Tapi sayangnya, dari sudut pandang ilmiah, kita tidak tahu apakah seseorang yang telah terinfeksi oleh coronavirus mendapatkan kekebalan ini, dan jika seseorang mendapatkan kekebalan ini, berapa lama itu akan bertahan," ujarnya lagi.

WHO juga percaya bahwa tes serologis yang saat ini digunakan untuk mencari keberadaan antibodi perlu validasi tambahan untuk menentukan akurasi dan reliabilitasnya.

Secara khusus, tes harus dapat membedakan antara respons imun terhadap virus corona dari antibodi yang dihasilkan selama infeksi.

"Orang yang terinfeksi satu atau yang lain dari virus ini mampu menghasilkan antibodi yang berinteraksi dengan antibodi yang dihasilkan dalam menanggapi infeksi yang disebabkan oleh SARS-CoV-2," sebut WHO.

Caryn Bern, profesor epidemiologi dan biostatistik di Fakultas Kedokteran Universitas California San Francisco, bekerja dengan tim untuk menyelidiki keefektifan tes antibodi.

"Data kami tampaknya menunjukkan bahwa beberapa tes yang digunakan dapat memberikan gambaran yang cukup akurat tentang paparan dan infeksi tingkat populasi. Yang belum kita ketahui adalah apakah jenis antibodi, IGM dan IGG, berkorelasi dengan antibodi yang akan menjadi pelindung terhadap infeksi di masa depan yang umumnya disebut antibodi penawar. Itu adalah pekerjaan yang masih perlu dilakukan, "katanya kepada Al Jazeera. (Khomarul Hidayat/kontan)