Plasma Darah Survivor COVID-19 Bisa Bantu Penyembuhan, Pasien 03 Ajak Berbagi

Jumat, 24 April 2020

Ratri Anindya. (Foto okezone)

PASIEN sembuh COVID-19 di banyak negara sudah mulai mendonorkan plasma darahnya. Hal ini demi kebaikan bersama dalam menekan angka kematian, karena dengan plasma tersebut pasien yang tengah berjuang bisa lebih mudah mencapai kesembuhan.

Terapi plasma darah sendiri dipercaya berhasil menyembuhkan pasien COVID-19. Terapi ini memungkinkan pasien COVID-19 menerima donor plasma pasien sembuh yang di dalamnya mengandung antibodi yang bisa menekan atau melawan virus SARS-CoV2.

Dikutip dari South China Morning Post, plasma merupakan komponen darah yang mengandung antibodi penangkal virus. Dalam terapi plasma, plasma dari pasien sembuh COVID-19 yang dalam dunia medis disebut 'liquid gold' digunakan untuk mengobati mereka yang sakit parah.

Harapannya, antibodi yang terkandung di dalam plasma tersebut mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh pasien COVID-19 dan bisa melawan virus SARS-CoV-2 yang ada di tubuh pasien secara efektif.

Nah, pasien sembuh COVID-19, Ratri Anindya, belum lama ini telah melakukan pengambilan plasma darah yang dilakukan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Lantas, bagaimana pengalaman Ratri menjalani donor plasma darah?

"Proses pengambilan plasma darahku berhasil dengan lancar dan ternyata nggak sebegitu menyeramkannya, lho. I know aku katro banget karena penakut banget sampai ibu harus pegangin tangan sebelah kiri supaya aku tenang dan santai," ceritanya di Instagram.

Kemudian, Ratri menceritakan kalau plasma yang diambil sebanyak 200 cc, prosesnya sekitar 1 jam. Dia pun mengungkapkan, saat proses pengambilan plasma ini, alat yang digunakan sudah didesain sedemikian rupa sehingga bisa langsung menyaring plasma dari darah yang diambil.

"Dengan alat khusus yang menyaring plasma darah dari darah merahku. Ternyata, memang sesuai penelitian tentang COVID-19 per hari ini, plasma darah orang yang sembuh bisa membantu penyembuhan orang lain yang sedang terpapar," terangnya.

Ratri yang merupakan penari itu menyarankan agar teman-teman yang sembuh dari COVID-19 untuk mau ikut menyumbangkan plasmanya demi kesehatan orang lain. Jika ingin bertanya terlebih dulu, dia pun membuka pintu selebar-lebarnya untuk menjelaskan prosedur atau pun teknik pengambilan plasma darah ini.

"Jadi, untuk teman-teman yang sudah sembuh atau akan sembuh, dan jika sudah benar-benar pulih dan berkenan untuk menyumbangkan plasma darah, kalian juga bisa," paparnya.

"Untuk teman-teman sesama COVID-19 survivor (pejuang COVID-19), yang tertarik bisa hubungi aku untuk tanya-tanya atau jika berminat ingin tahu bagaimana prosesnya, bisa juga langsung hubungi Unit Transfusi Darah di RSPAD Gatot Subroto. If we can help each other, why not, right?" tambahnya.(Muhammad Sukardi/dwk/okezone)

0