Penampakan Penjara Terkejam di Inggris, ‘Rumah Baru’ Reynhard Sinaga

Selasa, 21 April 2020

Penampakan bagian dalam penjara Wakefield. Reynhard Sinaga dipindah ke penjara ini (Foto: AP)

INGGRIS – Predator seks pemerkosa ratusan pria, Reynhard Sinaga, dipindah dari penjara Strangeways ke penjara Wakefield Yorkshire Barat. Penjara itu adalah rumah tahanan terkeji bagi beberapa penjahat paling berbahaya di Inggris. Sebab penjara itu dilengkapi dengan fasilitas maksimum.

Laman Prison Phone menyebutkan Wakefield adalah penjara kelas A/B dengan kategori keamanan maksimum. Penjara itu menampung pria dewasa yang dianggap sebagai narapidana paling berbahaya di negara itu.

Penjara tersebut dibangun sejak 1594. Terlepas dari usianya, sebagian besar bangunan yang digunakan di kompleks penjara berasal dari zaman Victoria. Penjara tersebut fokus menampung pelaku pelanggaran seksual serius seperti Reynhard Sinaga.

Wakefield adalah salah satu dari delapan penjara dengan keamanan maksimum di negara itu. Dalam laporan tahunannya, Dewan Pengawas Independen mengatakan banyak dari 750 narapidana berada dalam kategori risiko tertinggi dan sebagian besar dari mereka adalah pelanggar seksual yang serius.

Penjara tersebut dijuluki ‘Monster Mansion’ karena banyaknya pelanggar dan pembunuh seksual berprofil kejam yang ditahan di sana. Para tahanan termasuk penyanyi rock pedophile Ian Watkins yang dipenjara selama 29 tahun pada 2013 karena pelecehan anak. Ada juga pembunuh berantai Robert Maudsley.

“Banyak narapidana kasus pelanggaran seksual,” kata Ketua Dewan Pengawas Independen, David Smethurst seperti dilaporkan Wakefield Express.

Penampakan dari atas penjara Wakefield (Examiner Live)

Usia rata-rata populasi narapidana di Wakefield adalah 48 tahun. Dengan jumlah yang signifikan di atas usia pensiun normal, sebanyak 45 persen narapidana memiliki masalah kesehatan mental.

Penjara itu memiliki gym yang lengkap termasuk ruang peralatan dan ruang kelas hingga penjara bawah tanah. Angka resmi menunjukkan ada enam kasus pembunuhan di penjara itu pada 2015-2016 dengan jumlah terbesar selama setahun.

Dilansir dari The Sun, Selasa (21/4), Reynhard Sinaga, 36, dikurung selama 30 tahun pada Januari karena tuduhan 159 pelanggaran seksual, termasuk 136 pemerkosaan. Mahasiswa di Universitas Manchester itu menyerang korban prianya setelah memberi mereka minuman keras yang dicampur dengan obat bius.

Reynhard dipindah dari Strangeways ke penjara Wakefield Yorkshire Barat, rumah bagi beberapa penjahat paling berbahaya di Inggris. Seorang sumber mengatakan Reynhard Sinaga harus menghadapi semua kumpulan penjahat di ‘rumah’ barunya.(Edy Pramana/Marieska Harya Virdhani/jawapos)