Tips Jitu Membeli Rumah Bagi Milenial

Rabu, 15 April 2020

(Foto: okezone)

DARI sekian banyak mimpi generasi milenial, pasti ada yang pengin membeli rumah sendiri. Selain bisa lebih mandiri, impian tersebut juga bisa menjadi tanda kesuksesan mereka yang udah banting tulang bekerja dari pagi sampai malam. 

Untuk mewujudkannya, tentu butuh waktu serta usaha yang gak sedikit. Perlu banyak pertimbangan matang agar keuangan pribadi bisa semakin menggunung.

Apalagi, melihat fakta harga rumah di kawasan kota besar semakin lama semakin mahal. Bahkan, di beberapa lokasi strategis Jakarta, harganya udah ada yang menyentuh sampai miliaran rupiah.

Tapi, jangan putus asa karena banyak juga anak milenial sekarang yang udah mampu beli rumah di usia yang tergolong masih sangat muda. 

Bukan karena gajinya gede, melainkan karena mereka bisa mengelola segala kebutuhan secara cepat dan tepat.

Yuk, ketahui langsung tips jitu beli rumah untuk kamu para milenial yang punya uang terbatas :

1.  Menabung dan berinvestasi

Syarat paling penting bagi generasi milenial yang pengin beli rumah dengan budget pas-pasan adalah menabung serta bernvestasi. Sebetulnya, tips ini juga berlaku buat siapapun yang pengin kaya raya.

Pasalnya, sebesar apapun pendapatan kamu bila tidak ada dana yang dialokasikan untuk kedua hal ini bakal terbuang secara sia-sia. Entah itu untuk belanja, hiburan ataupun menjalankan hobi. 

Sisihkan sekitar 10 persen dari total penghasilan kamu untuk menabung dan berinvestasi. Untuk investasi ada beberapa jenis yang bisa dicoba, seperti emas dan saham. Tidak ada kata telat untuk segera melakukannya.

2.  Maksimalkan fasilitas KPR jangka panjang

Dari dulu pasti kita mengenal tentang fasilitas Kredit Perumahan Rakyat (KPR) yang disediakan beberapa bank Tanah Air untuk membeli rumah. Ada baiknya kamu memanfaatkan layanan itu sebagai cara mencicil rumah kalau belum punya cukup uang.

Biasanya pihak bank, seperti bank CIMB Niaga, bakal memberikan durasi cicilan yang lumayan panjang mulai dari 20 hingga 25 tahun.

Program tersebut emang dibuat untuk membantu masyarakat Indonesia yang memiliki pemasukan yang terbilang gak terlalu besar.

3. Manfaatkan rumah baru sebagai kontrakan

Kalau kamu mengalami kesulitan selama mencicil rumah bisa mencoba mengontrakkannya kepada orang lain. Jadi gak perlu dihuni langsung, kamu bisa menggunakan rumah yang udah ada untuk tinggal sementara.

Sedangkan uang cicilan yang didapat dari kontrakan digunakan untuk menutup kekurangan cicilan tersebut. Enaknya lagi sih, kalau ada lebih, bisa buat uang jajan tambahan kamu.

4.  Meriset harga rumah sebelum membelinya

Bukan cuma riset sebelum beli barang online saja, kamu juga wajib mengetahui harga pasaran rumah yang berada di lokasi tempat tinggal kamu nantinya.

Tujuannya, agar kamu gak rugi ataupun ketipu sama harga beli hunian tersebut. Gak sedikit orang zaman sekarang yang pernah mengalami kejadian serupa lho!

Karena itu, sebelum menandatangani kontrak perjanjian kamu harus melakukan survei terlebih dahulu.

5.  Manfaatkan status sebagai pegawai untuk menyicil rumah

Beberapa perusahaan di Indonesa ada yang memberikan bantuan kepada para pegawainya yang pengin membeli rumah dengan KPR. Kamu mungkin bisa mencari tahu tentang informasi ini dengan departemen terkait. 

Atau kalau mau lebih ekstrem, kamu bisa mencari tempat kerja yang memang terkenal memberikan fasilitas cicilan kepada karyawannya. Umumnya, para pegawai negeri sipil akan lebih mudah untuk mendapatkan persetujuan dari pihak bank yang memberikan persetujuan. Alasannya antara lain karena gaji serta tunjangannya tergolong aman untuk menyicil rumah.

6. Pastikan sertifikat dan izin rumah legal

Beberapa waktu belakangan, mungkin kita sering mendengar tentang kasus penipuan yang berkedok rumah murah seharga beberapa ratus jutaan saja. Kejadian tersebut pasti sedikit banyak bikin kita khawatir ketika pengin membeli rumah.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menanyakan kepada pengembang rumah, apakah terdapat sertifikat serta izin yang legal agar tidak kena masalah penipuan.

Selain menanyakan langsung kamu juga bisa melihat rekam jejak pengembang di dunia properti sebelumnya.

Itulah enam tips jitu untum beli rumah bagi para milenial yang cuma memiliki bujet terbatas. Mungkin dampaknya tidak bakal terasa secara langsung, tapi semakin cepat kamu melakukan tips di atas, bisa jadi mimpi kamu memiliki hunian sendiri bisa lebih cepat. So, # kejarmimpi miliki rumah impianmu. Semoga sukses! ( Wilda Fajriah/okezone)