Tiga Tulisan Mengerikan Aksi Vandalisme Kelompok Anarko di Tangerang

Sabtu, 11 April 2020

(Foto: iNews)

JAKARTA - Lima orang berhasil diamankan pihak kepolisian Polda Metro Jaya terkait dengan aksi vandalisme yang terjadi di Tangerang pada Kamis 9 April 2020. Tiga macam tulisan yang kelompok Anarko semprotkan dengan cat pilox di beberapa lokasi juga terbilang sangat berani dan ekstrem.

Menurut Kapold Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana, dalam konferensi pers yang juga disiarkan langsung instagram resmi Humas Polda Metro Jaya @humas.pmj pada Sabtu 11 April 2020, kembali membeberkan tiga  tulisan yang cukup mengerikan dan ekstrem dari anggota Anarko tersebut.

"Kill The Rich atau Bunuh Orang-orang Kaya, Sudah Krisis Saatnya Membakar, Mau Mati Konyol atau Mati Melawan," kata Kapolda Nana Sudjana, Sabtu 11 April 2020.

Menurut Nana Sudjana, coretan itu ditemukan di setidaknya empat lokasi di Tangerang dan intinya mengajak untuk membuat kerusuhan sebagai bentuk ketidakpuasan dengan pemerintah. Kelompok Anarko sendiri memang selama ini dikenal engusung gaya anarkis untuk melakukan protesnya. Anggotanya juga tersebar di beberapa kota di Pulau Jawa termasuk Jakarta dan Bandung.
   
"Awal 3 tersangka berhasil ditangkap di sebuah Cafe Egaliter Tangerang yakni MRR (21), AAM (18) dan RIAP (18). Ketiganya ditangkap usai melakukan vandalisme di empat titik. Dari pengembangan kembali ditangkap dua orang MRH alias Rizki Tigaraksa Tangerang dan RJ (19)di Bekasi," terang Kapolda.

Ikut diamankan barang bukti yang berhasil disita yakni ?dua cat semprot, dua lembar kertas bertuliskan ''Sudah Krisis Saatnya Membakar'', tiga KTP atas nama tersangka, STNK, dompet, serta uang Rp2,9 juta. Lalu disita juga buku harian warna merah, dua handphone, satu laptop.

Atas perbuatannya, kelima pelaku dijerat dengan Pasal 14 dan pasal 15 UU RI No 1 tahun 1946 jo Pasal 160 KUHP dengan ancaman pidana penjara 10 tahun.(Toto Pribadi/vivanews)